Sukses

OJK: Tiga Perusahaan Teknologi Unicorn dan Decacorn Bakal IPO

Perusahaan rintisan atau startup berstatus unicorn dan decacorn yang akan melepas saham ke publik akan berdampak ke pasar modal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, ada sejumlah perusahaan teknologi berstatus unicorn dan decacorn berencana menawarkan saham perdana ke publik atau initial public offering (IPO).

"Saat ini terdapat beberapa perusahaan rintisan di Indonesia berencana lakukan IPO, tiga perusahaan teknologi konglomerasi terbesar berstatus unicorn dan decacorn dengan valuasi USD 21 billion, ini berdasarkan data yang kami dapat," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Hoesen, dalam diskusi virtual Investor Daily Summit, Kamis (15/7/2021).

Hoesen menuturkan, perusahaan rintisan unicorn dan decacorn yang akan melepas saham ke publik akan berdampak ke pasar modal Indonesia. Masuknya unicorn dan decacorn akan meningkatkan kapitalisasi pasar dan menarik investor termasuk investor asing.

"Masuk perusahaan teknologi itu diprediksi gairahkan perdagangan di bursa saham dalam negeri," ia menambahkan.

Selain itu, OJK bekerja sama BEI dan pemangku kepentingan lainnya sedang menyiapkan regulasi yang sesuai dengan karakteristik unicorn dan decacorn.

"Regulasi yang kami susun pada forward looking dari new economy yang akan kita fasilitasi dengan peraturan baru," tutur dia.

Ia menambahkan, karakteristik khususnya yang dilihat ciptakan produk barang dan jasa yang mengandung unsur kebaruan yang baik secara langsung dan tidak langsung menyediakan lapangan kerja yang besar. Kemudian memberikan manfaat sosial bagi masyarakat dan memiliki tingkat pertumbuhan signifikan dan tinggi.

"Karakteristik itu meliputi perusahaan fintech unicorn, termasuk health care, renewable energy, food estate, industri baru yang berkembang," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emiten Teknologi Hiasai Jajaran Saham Kapitalisasi Besar

Selain itu, emiten teknologi mulai menghiasi jajaran emiten kapitalisasi besar di atas Rp 100 triliun. Hal ini ditunjukkan dengan tiga saham perusahaan teknologi yang masuk emiten kapitalisasi besar.

"Terdapat tiga saham perusahaan bergerak di bidang teknologi yang catat kapitalisasi pasar di atas Rp 100 triliun mulai perlahan hiasi jajaran big cap di BEI," ujar dia.

Ia menambahkan, meski jumlah kapitalisasi pasar perusahaan teknologi di BEI masih kisaran lima persen dibandingkan kapitalisasi pasar emiten yang tercatat di BEI tidak menutup prospek untuk jadi pemimpin di pasar modal Indonesia.

Hoesen membandingkan dengan saham di wall street yang saat ini didominasi perusahaan teknologi antara lain Amazon dan Google. Wall street semula berisi sektor saham keuangan, energi dan manufaktur pada 10-20 tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.