Sukses

ASSA Bidik Pendapatan Tumbuh 30 Persen meski Hadapi Kendala saat PPKM

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) menyatakan menemui hambatan selama pandemi COVID-19 seperti keterlambatan pengiriman saat PPKM.

Liputan6.com, Jakarta - PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) menargetkan pertumbuhan pendapatan dari lini bisnis logistik minimal 30 persen hingga akhir 2021.

Direktur Utama PT Adi Sarana Armada Tbk, Prodjo Sunarjanto menerangkan, lini bisnis tersebut mengalami kenaikan permintaan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat pandemi COVID-19. Hal itu sejalan dengan peningkatan transaksi perdagangan, utamanya yang berbasis online atau e-commerce.

Prodjo mengatakan, volume pengiriman lini bisnis logistik perseroan, Anteraja, telah meningkat drastis. Dengan pengiriman tertinggi dalam satu hari mencapai 1,3 juta pengiriman paket.

"Untuk rerata selama tahun 2021 diharapkan bisa mencapai 600-660.000 pengiriman per hari. Dari sisi revenue diharapkan mencapai tingkat pertumbuhan minimum sekitar 30 persen,” kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (14/7/2021).

Memang, selama pemberlakuan PPKM terjadi beberapa hambatan, antara lain keterlambatan pengiriman yang disebabkan penutupan beberapa jalur jalan. Namun, Prodjo mengaku konsumen dan penjual cukup mengerti situasi tersebut. Sehingga kendala tersebut tak banyak mengganggu kelangsungan bisnis Perseroan.

"Dalam masa PPKM, ada beberapa hambatan mengenai keterlambatan pengiriman yang disebabkan penutupan beberapa jalur jalan. Tetapi para konsumen dan penjual cukup mengerti situasi yang sulit ini," kata dia.

Di sisi lain, Perseroan mengungkapkan lini bisnis lelang mobil PT JBA Indonesia (JBA), anak usaha Adi Sarana Armada, sempat menuai kendala pada awal pandemi tahun lalu.

Peserta lelang tidak dapat dihadirkan karena adanya pembatasan sosial. Namun, saat itu juga, JBA sudah melaksanakan lelang bidding online. Sehingga peserta lelang sudah terbiasa dengan e-auction. "Sehingga volume transaksi lelang tidak terdampak,” ujar Prodjo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja 2020

Sepanjang 2020 Perseroan mencatatkan pendapatan Rp 3,03 triliun. Realisasi pendapatan itu tumbuh 30,12 persen dari periode 2019 sebesar Rp 2,33 triliun. Kinerja perseroan tersebut didukung dari stabilnya kinerja masing-masing lini bisnis.

Pada lini bisnis lelang tumbuh 21,75 persen, bisnis logistik tumbuh 22,81 persen, dan bisnis rental naik 1,17 persen. Dari raihan itu, Perseroan berhasil mencatatkan  laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk turun 21,06 persen menjadi Rp 87,14 miliar pada 2020 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 110,40 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.