Sukses

Bukalapak Incar Dana IPO hingga Rp 21,90 Triliun, Ini Rincian Penggunaannya

PT Bukalapak.com Tbk menawarkan sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 yang merupakan saham baru dan dikeluarkan dari portepel perseroan dengan nilai nominal Rp 50 dalam rangka IPO.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan unicorn Bukalapak akhirnya mengumumkan rencana penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada Jumat, (9/7/2021). Perseroan mengincar dana IPO sebanyak-banyaknya Rp 21,90 triliun.

Mengutip prospektus singkat, PT Bukalapak.com Tbk menawarkan sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 yang merupakan saham baru dan dikeluarkan dari portepel perseroan dengan nilai nominal Rp 50 dalam rangka IPO. Jumlah saham itu sebanyak-banyaknya 25 persen dari modal ditempatkan disetor perseroan setelah IPO.

Harga penawaran berkisar Rp 750-Rp 850 per saham. Dengan demikian, target dana yang diperoleh dari IPO sekitar Rp 19,32 triliun-Rp 21,90 triliun.

Seluruh dana IPO Bukalapak itu antara lain digunakan sekitar 66 persen untuk modal kerja. Sedangkan sisanya untuk modal kerja entitas anak. Rincian modal kerja entitas anak itu antara lain sekitar 15 persen dialokasikan kepada PT Buka Mitra Indonesia (BMI), sekitar 15 persen dialokasikan kepada PT Buka Usaha Indonesia.

Selanjutnya satu persen dialokasikan kepada PT Buka Investasi Bersama, sekitar satu persen kepada PT Buka Pengadaan Indonesia, satu persen untuk Bukalapak Pte Ltd, dan satu persen untuk PT Five Jack (Five Jack Indonesia).

Presiden Direktur Bukalapak Muhammad Rachmat Kaimuddin menuturkan, dana IPO digunakan untuk modal kerja sehingga mempercepat kemajuan operasi yang lebih banyak. Selain itu juga mendorong digitalisasi sehingga fokus untuk menjangkau pengguna untuk akses jual beli di kota hingga desa.

"IPO proceed jadi sekitar 66 persen untuk Bukalapak.com di situ akan banyak development, sisanya sebagian besar ke anak perusahana termasuk Mitra Bukalapak," ujar dia, saat konferensi pers virtual, Jumat, pekan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawarkan ESA hingga Jadwal IPO

Dalam gelaran IPO ini, Bukalapak juga mengalokasikan sebanyak-banyaknya sebesar 0,1 persen dari saham yang ditawarkan untuk program alokasi saham kepada karyawan atau employee stock allocation (ESA). Jumlah itu sebanyak-banyaknya sebesar 25.765.505 saham dengan harga pelaksanaan ESA yang sama dengan harga penawaran.

Selain itu, perseroan akan mengalokasikan sebanyak-banyaknya sebesar 4,91 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO untuk program management and employee stock option plan (MESOP) atau sebanyak-banyaknya 5.060.345.153 dengan harga pelaksanaan MESOP sekurang-kurangnya 90 persen dari rata-rata harga penutupan saham perseroan selama kurun waktu 25 hari bursa berturut-turut di pasar regular sebelum permohonan pencatatan dilakukan ke BEI.

Dalam rangka IPO ini, perseroan telah menunjuk penjamin pelaksana emisi efek antara lain PT Mandiri Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas. Sedangkan penjamin emisi efek antara lain PT UBS Sekuritas Indonesia dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Jadwal sementara IPO antara lain masa penawaran awal pada 9-19 Juli 2021, tanggal efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 26 Juli 2021, masa penawaran umum perdana saham 28-30 Juli 2021. Tanggal penjatahan 3 Agustus 2021, tanggal distribusi saham secara elektronik dan pengembalian uang pesanan pada 5 Agustus 2021, dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Agustus 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.