Sukses

Simak Cara Beli Saham IPO Bukalapak

Sebagai unicorn pertama di Indonesia yang telah memperoleh izin publikasi atas pernyataan pendaftaran dari OJK, Bukalapak akan segera melantai di BEI.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com, atau Bukalapak akhirnya mengumumkan rencana penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

Sebagai unicorn pertama di Indonesia yang telah memperoleh izin publikasi atas pernyataan pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bukalapak akan segera melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Mengutip dalam prospektusnya, Bukalapak menawarkan saham sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 lembar saham dengan nilai nominal Rp 50. Jumlah saham yang ditawarkan itu sebanyak-banyaknya sebesar 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO. Harga penawaran IPO Rp 750-Rp 850.

Berikut adalah tata cara untuk ikut serta dalam penawaran umum perdana saham yang akan dimulai setelah Bukalapak memperoleh pernyataan efektif dari OJK. Adapun informasi terkait penawaran umum perdana saham melalui laman https://about.bukalapak.com/ id/investor-relations/

Melalui laman tersebut, para calon investor dapat memperoleh informasi emisi saham Bukalapak, harga saham, formulir pemesanan pembelian saham atau FPPS, serta prospektus awal dan Prospektus.

Tata cara pemesanan saham Bukalapak akan dilakukan dengan cara yang khusus yang berbeda dari penawaran umum sebelumnya. Investor wajib memiliki single identity number (SID), sub rekening efek (SRE), dan rekening dana nasabah (RDN). Apabila belum memiliki, segera daftar di perusahaan efek terdekat yang ada di Indonesia Perusahaan efek di tempat Anda membuka efek akan membantu Anda sebagai investor melakukan pernyataan minat pembelian saham Bukalapak.

Agar diperhatikan, penyampaian minat pembelian dan atau pembelian saham Bukalapak hanya dapat dilakukan di perusahaan efek di mana investor membuka sub rekening efeknya. Caranya, unduh Formulis Pemesanan Pembelian Saham (FPPS). Lalu isi data-data Anda dengan lengkap.

Kirimkan FPPS yang telah ditandatangani ke perusahaan efek melalui surat elektronik (email) yang diinformasikan perusahaan efek. Perhatikan jadwal masa penawaran umum pembelian saham yang akan dilayani setiap hari sampai pukul 15.00 WIB, dan di hari terakhir sampai pukul 10.00 WIB. Apabila dana belum berstatus 'good fund', pesanan belum bisa diproses.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Pooling

Pesanan yang disampaikan melalui tata cara ini adalah untuk pemesanan saham dengan penjatahan terpusat atau dikenal dengan istilah ‘Pooling’.

Investor dapat melakukan pemesanan saham dengan jumlah yang tidak ditentukan. Tetapi bilamana terjadi kelebihan pemesanan atau oversubscribed, maka akan dijatahkan dan sisa pembayaran akan dikembalikan. Perusahaan efek akan mengirimkan data pemesan ke Biro administrasi efek PT Datindo Entrycom pada periode penawaran umum.

Perlu diingat, Investor hanya dapat melakukan pemesanan pembelian saham satu kali saja. Biro administrasi efek akan mendata pesanan investor dan melakukan penjatahan.

Apabila investor melakukan pemesanan lebih dari satu kali atau melalui lebih dari satu perusahaan efek, maka akan teridentifikasi melalui SID dan hanya satu pesanan yang dapat diikutsertakan dalam proses penjatahan.

Biro administrasi efek akan melakukan penjatahan pemesanan saham yang dipesan investor melalui perusahaan efek, di mana investor membuka sub rekening efeknya melalui sistem C-BEST KSEI.

Pada tanggal distribusi saham dan refund, biro administrasi efek akan mengirimkan saham dan refund ke dalam sub rekening efek investor yang dibuka di perusahaan efek. Setelah proses pemesanan selesai, maka saham Bukalapak akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham ‘BUKA’.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bukalapak adalah salah satu platform belanja online di Indonesia yang menjual beragam produk kebutuhan masayrakat.

    Bukalapak

  • IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering.

    IPO

  • IPO Bukalapak