Sukses

Surya Citra Media Anggarkan Dana Rp 1 Triliun untuk Buyback Saham

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) siapkan dana buyback saham dari kas internal.

Liputan6.com, Jakarta - PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) akan melakukan pembelian kembali saham saham atau buyback saham yang dilakukan secara bertahap sejak 7 Juli 2021-6 Oktober 2021.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Surya Citra Media Tbk menyiapkan dana Rp 1 triliun untuk buyback saham. Jumlah itu paling banyak 20 persen dari modal disetor dalam perseroan dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5 persen dari modal disetor.

Biaya buyback saham Rp 1 triliun itu berasal dari kas internal tidak termasuk biaya transaksi, biaya perantara pedagang efek dan biaya lainnya sehubungan dengan pembelian kembali saham.

Perseroan menggelar buyback saham seiring meningkatkan nilai pemegang saham. Buyback saham tersebut paling banyak 20 persen dari modal disetor dan dalam perseroan dengan memperhitungkan saham treasuri eksisting dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar 7,5 persen dari modal disetor.

Selain itu, perseroan juga mempertimbangkan kondisi perdagangan saham di BEI sejak awal 2020 mengalami tekanan yang signifikan yang diindikasikan dari penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 18,46 persen.

Pertimbangan lainnya melihat kondisi ekonomi regional dan global yang mengalami tekanan dan perlambatan antara lain disebabkan oleh wabah virus COVID-19 dan 2021, varian delta virus COVID-19 telah ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, untuk memberikan stimulus perekonomian dan mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi secara signifikan karena kondisi perdagangan, OJK menerbitkan SEOJK 3/2020.

"Dengan diterbitkannya SEOJK 3/2020, telah membuka peluang bagi perseroan untuk melakukan pembelian kembali saham tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dengan memperhatikan kemampuan perseroan dan ketentuan yang berlaku," tulis perseroan.

Adapun PT Surya Citra Media Tbk akan melakukan pembelian kembali saham melalui perdagangan di BEI dan pembelian kembali saham akan dilakukan pada harga yang lebih rendah atau sama dengan harga penutupan perdagangan sebelumnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham SCMA

Pada penutupan perdagangan saham Rabu, 7 Juli 2021, saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) naik 4,65 persen ke posisi Rp 2.250 per saham.

Saham SCMA dibuka stagnan di posisi Rp 2.150 per saham. Saham SCMA berada di posisi tertinggi Rp 2.360 dan terendah Rp 2.070 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 15.418 kali dengan nilai transaksi Rp 160,7 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.