Sukses

Kolaborasi Bank Aladin dengan Alfamart dan Halodoc Jadi Katalis Positif

Bank Aladin Syariah menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart dan PT Media Dokter Investama yang memiliki platform teknologi kesehatan Halodoc.

Liputan6.com, Jakarta - Menjawab tantangan industri keuangan syariah maupun inklusi keuangan, PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) wujudkan kolaborasi dengan industri yang memiliki ekosistem offline dan tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam hal ini, Perseroan menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart dan PT Media Dokter Investama yang memiliki platform teknologi kesehatan Halodoc.

Seremoni kerja sama tiga perusahaan tersebut dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin sebagai keynote speaker yang mengangkat tema Peran Bank Syariah di industri Perbankan Indonesia.

Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang membahas Digitalisasi Transformasi di bidang keuangan. Ma’ruf Amin mengapresiasi Bank Aladin Syariah yang telah berinisiatif dan bertindak cepat untuk mengembangkan perbankan syariah di Indonesia melalui sistem digital.

"Hadirnya Bank Aladin yang berkolaborasi dengan Alfamart dan Halodoc, diharapkan dapat menjadi katalis positif bagi perkembangan perbankan syariah, sekaligus meningkatkan inklusi keuangan syariah di Indonesia," ujar Ma’ruf Amin dalam sambutannya, Rabu (7/7/2021).

Ma’ruf mengatakan, Bank Aladin Syariah yang terbilang bank masih baru dalam transformasi perbankan menuju perbankan digital, telah menjadi harapan bagi inovasi layanan dan produk perbankan digital di Indonesia.

"Saya harapkan dapat menjadi yang terdepan dalam inovasi layanan dan produk perbankan digitalnya serta dapat berkolaborasi pula dengan UMK, bank dan lembaga keuangan mikro syariah lainnya yang belum terdigitalisasi," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, menyambut positif kolaborasi Bank Aladin Syariah dengan Alfamart dan Halodoc dalam rangka mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

Perry juga mengatakan, pihaknya senantiasa mendukung perusahaan perbankan digital, perusahaan financial technology (fintech), dan e-commerce dalam rangka mewujudkan ekonomi keuangan yang inklusif.

"Marilah kita berjamaah, bersinergi, bersama-sama membangun ekonomi keuangan syariah menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Literasi Keuangan

Sementara, Direktur Operasional Bank Aladin Syariah, Basuki Hidayat mengatakan, kerja sama dengan Alfamart dimaksudkan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah di masa mendatang yang berbasis digital.

"Kerja sama dengan Alfamart kami lakukan guna mendukung inklusi keuangan di Indonesia melalui jasa layanan perbankan yang menggabungkan elemen online dan offline. Serta mendigitalisasi partner ekosistem untuk akses ke dalam produk perbankan," kata Basuki.

Basuki yakin, kerja sama ini akan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Mengingat Alfamart merupakan jaringan minimarket yang sangat besar dan berlokasi di seluruh penjuru Indonesia. Sehingga dapat lebih mudah diakses masyarakat Indonesia, termasuk bagi yang saat ini belum terjangkau oleh layanan perbankan.

Sedangkan, kerja sama Bank Aladin Syariah dengan Halodoc dilakukan untuk mendukung layanan masyarakat seperti telemedicine agar dapat diakses lebih luas. Terutama pada masa pandemi seperti ini.

"Dengan melihat peluang pasar syariah di Indonesia yang sangat besar namun masih underpenetrated dalam layanan keuangan, Bank Aladin hadir bersama Alfamart dan Halodoc untuk tumbuh dan merangkul potensi pasar melalui kerja sama yang inovatif dari masing-masing perusahaan," ujar Direktur Operasional Bank Aladin, Basuki Hidayat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.