Sukses

Anak Usaha Jasa Marga Siap Permudah Transaksi Pembayaran di 29 Rest Area

PT Jasamarga Related Business (JRMB) menyebutkan tenant di rest area milik Jasa Marga membutuhkan kemudahan transaksi dengan konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola 29 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia dengan lebih dari 400 tenant, PT Jasamarga Related Business (JMRB) akan mempermudah transaksi di dalamnya dengan melibatkan pembayaran digital.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB, Tita Paulina Purbasari menyebut finansial literasi tenant yang terdapat di rest area pengelolaan miliknya masih kurang. Oleh karena itu, pihaknya mencoba mendorong ke level yang lebih tinggi.

"Saat ini di rest area sudah ada dompet digital yang masuk untuk transaksi, dan tenant dalam rest area kebanyakan di dominasi oleh UMKM baik kecil dan menengah," ujar dia, Rabu (7/7/2021).

Tak hanya itu, Tita juga menyebut ada dua hal yang dibutuhkan ratusan tenant di rest area milik Jasa Marga, salah satunya penyediaan kemudahaan transaksi dengan konsumen.

"Ada dua bagian yang mungkin dibutuhkan tenant rest area adalah kemudahan transaksi dan akses pendanaan pada tenant di rest area khususnya UMKM," ujarnya.

Saat ini, PT JMRB juga tengah gencar melakukan kajian dan pengembangan kawasan di sekitar jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group.

Hingga April 2021, grup Jasa Marga telah mengoperasikan 1.214 Km jalan tol, atau 52 persen dari keseluruhan total panjang jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia.

"Sekarang rest area semakin meriah dengan adanya penambahan fungsi menjadi logistik dan destinasi juga, apalagi ada beberapa konten yang bisa dilakukan di rest area. Karena itu ini hal yang menarik untuk mengelola rest area," tutur Direktur Utama PT JMRB, Cahyo Satrio Prakoso.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jasa Marga Genjot Pendapatan Selain Jalan Tol

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business (JMRB)  melakukan kerjasama  dengan MNC Group. Penjajakan kerja sama keduanya ditandai dengan penandatanganan MOU yang dilakukan secara daring pada Rabu, (7/7/2021). 

Adapun kerja sama yang terjalin melibatkan empat usaha MNC Group, yakni PT Bank MNC Internasional Tbk, PT MNC Kapital Indonesia Tbk, PT MNC Vision Networks Tbk, dan PT MNC Land Tbk.

Kerja sama yang terjalin meliputi bisnis digital banking, pengembangan ekosistem cashless, distribusi konten digital untuk para tenant rest area yang dikelola oleh PT JMRB, serta pengembangan properti.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menegaskan, eksistensi MNC Group dan Jasa Marga Group memiliki posisi kuat di Indonesia dan akan memberikan manfaat bagi keduanya.

"Produk dan layanan MNC Group akan terintegrasi secara end-to-end dalam ekosistem PT JMRB, yang dapat melengkapi dan memperkuat bisnis Jasa Marga Group dari hulu hingga hilir. Bisnis MNC Group dari sektor media, jasa keuangan, dan entertainment hospitality akan merambah ke berbagai proyek inovatif dari kerja sama strategis ini," katanya.

Selain itu, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Arsal Ismail mengatakan, kerja sama yang terjalin merupakan salah satu upaya strategis Jasa Marga untuk meningkatkan revenue group dari sisi pendapatan nontol.

"MOU ini tidak eksklusif hanya antara PT JMRB dan MNC Group. Ke depan kami akan membuka jika ada pihak lain yang akan berpartisipasi. Kami sangat membuka potensi kerja sama dengan instansi lainnya terutama dalam pengembangan bisnis properti, rest area dan konten digital. Upaya kerja sama ini menjadi salah satu strategi bagi Jasa Marga Group untuk menyeimbangkan pendapatan dari sektor jalan tol yang terdampak pandemi hingga saat ini," ujar Arsal.

PT JMRB saat ini tengah menggencarkan pengembangan sejumlah lini bisnisnya, yakni Toll Corridor Development (TCD), pengembangan dan pengelolaan rest area, pemanfaatan koridor jalan tol untuk iklan dan utilitas, serta konten digital.

PT Bank MNC Internasional Tbk melalui MotionBanking memungkinkan penyediaan layanan banking dan pendanaan tenant rest area.

Sedangkan PT MNC Kapital Indonesia Tbk melalui anak usahanya, PT MNC Teknologi Nusantara dengan produk unggulannya MotionPay, dapat melakukan pengembangan dan penyediaan sistem transaksi dan pembayaran digital di rest area.

Sementara PT MNC Vision Networks Tbk memungkinkan pengembangan konten digital. Selain itu, kolaborasi bersama PT MNC Land Tbk meliputi kerja sama pengembangan properti di kawasan koridor jalan tol. PT JMRB kini mengelola 29 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia dengan lebih dari 400 tenant yang melakukan aktivitas bisnis di dalamnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.