Sukses

Perluas Akses Kesehatan dan Keuangan, Bank Aladin Syariah Gandeng Alfamart dan Halodoc

PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) gandeng Alfamart dan Halodoc untuk mendukung layanan kepada masyarakat di sektor keuangan dan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) resmi mengumumkan kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart untuk sistem pembayaran dan pengiriman uang lewat remitansi. Selain dengan Alfamart, Bank Aladin Syariah juga menggandeng platform layanan telemedicine Halodoc.

Direktur Operasional Bank Aladin Syariah, Basuki Hidayat mengatakan, kerja sama dengan Alfamart dimaksudkan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah di masa mendatang yang berbasis digital.

"Kerja sama dengan Alfamart kami lakukan guna mendukung inklusi keuangan di Indonesia melalui jasa layanan perbankan yang menggabungkan elemen online dan offline. Serta mendigitalisasi partner ekosistem untuk akses ke dalam produk perbankan," kata Basuki dalam Seremoni Kerjasama Bank Aladin, Alfamart, dan Halodoc, Rabu (7/7/2021).

Basuki yakin, kerja sama ini akan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Mengingat Alfamart merupakan jaringan minimarket yang sangat besar dan berlokasi di seluruh penjuru Indonesia. Sehingga dapat lebih mudah diakses masyarakat Indonesia, termasuk bagi yang saat ini belum terjangkau oleh layanan perbankan.

Sedangkan, kerja sama Bank Aladin Syariah dengan Halodoc dilakukan untuk mendukung layanan masyarakat seperti telemedicine agar dapat diakses lebih luas. Terutama pada masa pandemi seperti ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Inklusi Keuangan

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira yakin, peningkatan inklusi keuangan bisa dicapai melalui kerja sama tersebut. Saat ini, Hans mengatakan Alfamart mengoperasikan lebih dari 15 ribu gerai yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dan melayani lebih dari 4 juta pelanggan setiap harinya.

“Alfamart melayani lebih dari 4 juta pelanggan setiap harinya. Tentunya basis pelanggan ini merupakan potensi yang sangat besar untuk dapat juga dilayani oleh produk layanan perbankan syariah. Sekaligus memajukan literasi perbankan masyarakat melalui gerai yang mudah dijangkau dan sudah akrab dengan masyarakat luas,” kata Hans.

Hans berharap kerja sama Alfamart dengan Bank Aladin sebagai bank digital Syariah pertama di Indonesia ini, dapat menjadi salah satu solusi omni channel perbankan syariah, sekaligus memperluas inklusi keuangan di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Layanan Kesehatan

Sementara itu, Co-Founder of Halodoc, Doddy Lukito mengatakan perusahaan telemedicine itu telah memulai kolaborasi dengan berbagai institusi sejak 2017.

Hal itu dilakukan untuk memberikan layanan kesehatan lebih inklusif bagi stakeholder perusahaan rekanan melalui skema rawat jalan digital dengan memanfaatkan layanan- layanan yang ada di plafon Halodoc.

"Kolaborasi ini jugalah yang akan kami implementasikan bersama dengan Bank Aladin. Di mana para karyawan dan juga nasabah bank akan mendapatkan akses dan kemudahan layanan kesehatan digital yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja,” kata Doddy.

Doddy menambahkan, layanan Halodoc nyatanya mampu menjaawab kebutuhan pperusahaan dan karyawan dengan mitra korporat  selama masa pandemi.Adapun yang bergabung dengan layanan tersebut meningkat 18 kali lipat pada 2020, dibanding tahun-tahun Sebelumnya.

"Melalui kerja sama ini besar harapan kami kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan berkembang dan memberikan akses kesehatan yang lebih luas lagi bagi masyarakat Indonesia,” ujar Doddy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.