Sukses

Selain Sumbang Saham Rp 59,17 Triliun, Warren Buffett Mundur dari Gates Foundation

Miliarder yang juga investor Warren Buffett akan berikan saham senilai Rp 59,17 triliun untuk amal.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder yang juga investor Warren Buffett akan menyerahkan saham Berskhire Hathaway untuk amal. Ia akan memberikan USD 4,1 miliar atau sekitar Rp 59,17 triliun (asumsi kurs Rp 14.433 per dolar AS) untuk lima yayasan sebagai bagian dari komitmen tahunan yang lama untuk filantropi.

"Hari ini adalah tonggak sejarah bagi saya. Pada 2006 saya berjanji untuk distribusikan semua saham Berkshite Hathaway saya, lebih dari 99 persen kekayaan bersih saya untuk filantropi. Dengan distribusi USD 4,1 miliar hari ini, saya sudah setengah jalan di sana," tulis dia dalam sebuah surat pada Rabu pekan ini, dilansir dari yahoo finance, Rabu (23/6/2021).

Ia menuturkan, telah membuat komitmen pada 2006 dengan memegang 478.998 saham seri A dari saham di Berskhire Hingga 23 Juni 2021, ia memiliki 238.624 saham senilai lebih dari USD 100 miliar yang juga untuk filantropi.

Dalam surat itu, Warren Buffett juga mengumumkan dirinya soal pengunduran diri dari wali atau trustee di Bill and Melinda Gates Foundation (BMG).

"Saya sekarang mengundurkan diri dari jabatan itu, seperti yang telah saya lakukan di semua dewan perusahaan selain Berkshire’s. CEO BMG adalah Mark Suzman pilihan yang luar biasa yang mendapat dukungan saya. Tujuan saya 100 persen selaras dengan tujuan saya. Fondasi, partisipasi saya sama sekali tidak diperlukan untuk mencapai tujuan ini,” ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

The Giving Pledge

Pada Maret 2020, Bill Gates telah mengundurkan diri dari Dewan Berkshire Hathaway dan Microsoft untuk mendedikasikan lebih banyak waktu untuk prioritas filantropi termasuk kesehatan, pembangunan global, pendidikan, dan peningkatan keterlibatannya dalam atasi perubahan iklim.

Gates yang berteman dengan Buffett sejak 1991 bergabung dengan dewan direksi Berskhire Hathaway pada Desember 2004.

Pada 2010, Buffett bersama Bill dan Melinda Gates mendirikan The Giving Pledge sebagai undangan terbuka kepada miliarder untuk berkomitmen memberikan sebagian besar kekayaannya untuk filantropi. Selain itu, menetapkan standar baru kedermawanan di antara orang-orang sangat kaya.

Pengumuman pengunduran diri Buffett ini tak lama setelah Bill dan Melinda Gates mengumumkan perceraian pada bulan lalu setelah 27 tahun menikah tetapi akan melanjutkan kerja filantropi melalui yayasan.

Selain itu, Buffett juga membagikan sejumlah bidang untuk pemikiran lebih lanjut bagi dermawan, pemerintah dan publik.

Buffett menuturkan, perbuatan termudah di dunia adalah memberikan uang yang tidak akan pernah benar-benar berguna bagi Anda dan keluarga. "Pemberian itu tidak menyakitkan dan dapat membuat kehidupan lebih baik bagi Anda dan anak-anak Anda,” ujar dia.

Selama beberapa dekade, ia telah mengumpulkan dana yang hampir tidak dapat dipahami hanya dengan melakukan apa yang ia sukai.

Ia menyatakan akan melanjutkan pekerjaan yang menyenangkan, melakukan apa yang disukainya, dan dibantu sejumlah rekanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.