Sukses

Garuda Indonesia Sementara Hanya Angkut Kargo ke Hong Kong, Ada Apa?

Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) hanya akan membawa kargo ke Hong Kong. Ada apa?

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menyatakan sementara hanya akan membawa kargo ke Hong Kong. Hal ini seiring maskapai dilarang membawa penumpang hingga 5 Juli 2021 ke Hong Kong.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Irfan Setiaputra menuturkan, ada penumpang Garuda Indonesia yang melakukan tes COVID-19 dan hasilnya dinyatakan negatif di dalam negeri sehingga diperbolehkan naik pesawat.

"Di Hong Kong, di PCR ternyata positif. Sebagai maskapai kami dilarang membawa penumpang sampai tanggal 5 Juli ke Hong Kong. Kami hanya akan bawa kargo," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Rabu (23/6/2021).

Irfan menuturkan, kondisi tersebut juga pernah terjadi di Indonesia. Hal ini karena ada juga maskapai yang membawa penumpang positif.

"Ada juga beberapa maskapai yang masuk ke Indonesia. Dan setelah di tes beberapa penumpangnya positif. Mesti dilarang juga ya,” kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Garuda Indonesia Dilarang Bawa Penumpang ke Hong Kong

Sebelumnya, Hong Kong melarang sementara penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari Jakarta ke wilayahnya. Ini usai adanya laporan temuan kasus impor baru Covid-19.

Melansir laman chinadailyhk, Rabu, 23 Juni 2021, Hong Kong menemukan 7 kasus Covid-19 dari penumpang pesawat, hingga Selasa 22 Juni lalu.

Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong, mengatakan jika mereka yang ditemukan positif Covid-19 termasuk 6 wanita dari Indonesia dan seorang pria berusia 51 tahun yang riwayat perjalanannya belum jelas. Diketahui bila tak satu pun dari mereka menunjukkan gejala apa pun. Demikian mengutip kanal Bisnis Liputan6.com.

Sebelumnya pada Minggu, 20 Juni, Departemen Kesehatan menemukan 4 penumpang Garuda Indonesia  dalam penerbangan GA876 dinyatakan positif terkena virus. Pemeriksaan dilakukan usai mereka tiba di Hong Kong dari Jakarta.

Hasil temuan ini yang mendorong pemerintah Hong Kong menghentikan sementara penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Hong Kong. Larangan berlaku mulai 22 Juni hingga 5 Juli 2021.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.