Emas Dinilai Masih Jadi Pilihan Investasi Masyarakat

Oleh Dian Tami Kosasih pada 22 Jun 2021, 17:47 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 17:48 WIB
Harga Emas Antam Naik Jadi Rp 666 Ribu per Gram
Perbesar
Petugas menunjukkan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Harga emas PT Aneka Tambang Tbk atau Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 666 ribu per gram pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat beragam investasi yang ditawarkan bagi masyarakat saat ini. Meski demikian, Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau disebut Antam, Risono optimistis emas masih menjadi pilihan utama karena tingkat keamanannya.

"Tentu emas masih menjadi investasi paling aman, sehingga tetap menjadi pilihan investasi bagi masyarakat. Apapun yang terjadi emas menjadi investasi paling aman," katanya secara virtual, Selasa (22/6/2021).

Saat disinggung proyeksi harga emas pada 2021, Risono menegaskan, pihaknya optimistis bila kenaikan masih akan terjadi. Terlebih berkaca dari tahun sebelumnya.

"Kalau kita lihat dari proyeksi emas murni dan batangan pertumbuhannya cukup baik ya di tahun 2020 seperti yang sudah dirilis Antam, terlebih mencapai rekornya untuk emas batangan," ujarnya.

Risono juga mengatakan, masyarakat saat ini masih mempercayai emas sebagai barang investasi yang menguntungkan.

"Tahun 2021 juga diprediksi masih baik mengingat kepercayaan masyarakat terhadap investasi emas ditengah kondisi yang masih tak menentu ini karena ini menjadi investasi secara aman," tuturnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tawarkan Emas dengan Harga Terjangkau

FOTO: Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Menjadi Rp 944 Ribu per Gram
Perbesar
Pramuniaga menunjukkan emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk di sebuah gerai emas, Jakarta, Senin (18/1/2021). Pada hari ini, harga emas Antam turun menjadi Rp 944 ribu per gram. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) meluncurkan dua produk emas yakni EmasKITA dan Kencana bersama entitas anak PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI), dan PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata).

EmasKITA diklaim sebagai logam mulia mikro 99,99 persen yang memiliki pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram. Hal ini dibuat untuk dapat dijangkau seluruh kalangan masyarakat Indonesia yang ingin melakukan investasi.  

"Kerja sama ini tentunya semakin membuka kesempatan investasi logam mulia bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Jika sebelumnya investasi emas hanya bisa dijangkau oleh masyarakat menengah atas saja, sekarang seluruh lapisan masyarakat dapat berinvestasi EmasKITA yang produknya aman, berkualitas, dan harganya terjangkau,” kata Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis ANTAM, Risono, Selasa, 22 Juni 2021.

Kolaborasi ini juga menghadirkan Kencana, sebuah terobosan dalam bentuk perhiasan emas murni yang bisa mendukung penampilan dan sekaligus sebagai instrumen investasi jangka panjang karena memiliki kadar emas 99,99 persen.  

"Kencana adalah koleksi perhiasan yang terbuat dari emas 24 karat. ANTAM memilih Hartadinata sebagai mitra kerja dengan melihat pengalamannya yang ekstensif dalam memimpin segmen perhiasan emas di pasar domestik. Melalui produk Kencana, untuk pertama kalinya masyarakat Indonesia bisa mengenakan perhiasan emas murni 99,99% atau setara logam mulia,” tuturnya.  

Antam merupakan satu-satunya perusahaan pengolahan dan pemurnian logam mulia di Indonesia yang telah memiliki sertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). 

Dalam sinergi ini, ANTAM bertindak sebagai pemasok bahan baku emas murni (999,9) yang berasal dari Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM).

Bahan baku emas ini kemudian diolah menjadi logam mulia mikro dan perhiasan emas di Pabrik Hartadinata yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Proses produksi diawasi langsung oleh PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI).  

"Hologram dan QR Code disertakan dalam setiap produk EmasKITA dan Kencana di pasaran, sehingga masyarakat dapat melakukan verifikasi keasliannya dalam website www.emaskita.id,” ujar Direktur Utama AJSI, Bambang Wijanarko.  

Produk EmasKITA dan Kencana dapat diperoleh di toko emas jaringan resmi Hartadinata, official store Hartadinata di toko online, serta toko emas rekanan Hartadinata yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Masyarakat juga dapat menukar 1 gram EmasKITA (akumulasi pecahan 0,1 gram dan atau 0,25 gram) dengan 1 gram emas batangan ANTAM di Butik Emas Logam Mulia TB Simatupang, toko emas jaringan Hartadinata, serta secara online,” tutur Direktur Utama Hartadinata, Sandra Sunanto.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓