Sukses

Menakar Dampak Potensi Tapering terhadap Indonesia

Tapering atau pengurangan pembelian obligasi oleh bank sentral Amerika Serikat atau the Fed menjadi sorotan. Bagaimana dampaknya ke Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Potensi bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Fed untuk mengurangi stimulus dengan pengurangan pembelian obligasi secara bertahap atau disebut tapering kini menjadi pembicaraan. Akan tetapi, PT Ashmore Asset Management Indonesia melihat, tapering tersebut paling cepat pada 2022.

Mengutip laporan Ashmore Asset Management Indonesia, ditulis Minggu (13/6/2021), Ashmore melihat potensi tapering pada 2022 karena belum melihat pemulihan yang kokoh dari dampak pandemi COVID-19. Ini salah satu terlihat dari indeks harga konsumen.

"Namun, kami tidak melihat ini untuk menghambat harga aset sebanyak-banyaknya terutama pasar negara berkembang,” dikutip dari laporan tersebut.

Lalu apakah negara berkembang termasuk Indonesia dapat bertahan dari tapering?

Tidak seperti pada quantative easing pada 2010-2013, Ashmore belum melihat arus besar yang masuk ke pasar negara berkembang saat pandemi COVID-19.

Untuk Indonesia, harga aset telah didukung oleh investor domestik baik ritel dan institusi. Oleh karena itu, jika tapering terjadi lebih awal dari perkiraan, kemungkinan penurunan harga aset tidak menjadi utama. Sejumlah faktor kunci menjadi pertimbangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Faktor yang Jadi Pertimbangan

Pertama, kepemilikan aset di pasar negara berkembang relatif kurang setelah GFC. Porsi obligasi dan saham yang dimiliki investor asing termasuk terendah dalam tiga tahun terakhir di Indonesia. Kedua, neraca transaksi berjalan juga lebih baik saat ini.

Ketiga,mata uang kini lebih murah. Indonesia terutama dengan berbagai stimulus dari sovereign wealth fund (SWF), investasi langsung dan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) sektor teknologi berpotensi menjadi penerima utama investasi investor asing yang akan mendukung mata uang.

Keempat, imbal hasil lebih tinggi dari historis dan tetap menarik secara umum. "Risiko utama akan tetap pada defisit fiskal terutama untuk Indonesia,” tulis laporan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.