Sukses

Fakta Unik, Saham Jadi Kado Ulang Tahun hingga Mahar Pernikahan

Saham kini menjadi makin populer seiring generasi milenial yang menjadikannya sebagai kado hingga mahar pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Saham kini bukanlah sesuatu yang asing di kalangan muda-mudi tanah air. Alih-alih mempersiapkan kemandirian keuangan pada masa menatang, saham kini menjadi instrumen investasi yang diminati.

Hal itu tercermin dari jumlah investor pasar modal yang terus meningkat. Merujuk data KSEI per April 2021, jumlah investor pasar modal tercatat sebesar 5,09 juta. Angka itu telah naik 31,11 persen dibanding akhir 2020 sebesar 3,9 juta.

Dari sisi usia, paling banyak didominasi oleh usia dibawah 30 tahun sebesar 57,4 persen. Disusul usia 31-40 tahun 21 persen, dan usia 41-50 11,22 persen. Sisanya merupakan investor berusia di atas 50 tahun sekitar 9 persen.

Dengan begitu, tak ayal saham menjadi kian populer saat digaungkan oleh generasi yang akrab dengan media sosial. Berikut pemakaian saham yang digunakan masyarakat mulai dari mahar hingga kado yang dirangkum Selasa, (1/6/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saham Buat Mahar Pernikahan

Baru-baru ini, jagat maya sempat digegerkan oleh pernikahan selebriti instagram (selebgram) lantaran maharnya yang tidak biasa.

Resmi melangsungkan pernikahan dengan Ardya Tridwantoro, beauty and fashion vlogger, Nanda Arsyinta menjadi sorotan karena mahar yang digunakan berupa saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dan logam mulia.

Nanda tak sendiri. Sebelumnya, ada pemuda asal Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara yang menyunting kekasihnya dengan mahar saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Tindakan La Ode Mubarak, awalnya bikin bingung orangtua calon istri.

Lantaran pernikahan menggunakan mahar tak biasa ini, baru pertama kali terjadi di Sulawesi Tenggara. La Ode Mubarak, saat dihubungi Liputan6.com menjelaskan jumlah sahamnya di ANTM sebanyak 31 lot. Setiap lot, seharga Rp 230 ribu.

 

3 dari 3 halaman

Saham Jadi Kado

Tak hanya jadi mahar. Saham rupanya telah menjelma jadi produk investasi yang lebih dekat, bahkan bisa digunakan sebagai kado ulang tahun.

Lagi-lagi lewat campur tangan influencer. Kali ini, artis serba bisa, Raditya Dika membagikan pengalamannya memberikan hadiah saham untuk putri pertamanya, Alinea Ava Nasution. Seperti yang sudah-sudah. Kabar itu sontak mengundang perhatian warganet.

Untuk anaknya yang berusia 2 tahun itu, Raditya Dika memberikan saham 6 lot sektor makanan bayi dan 5 lot es krim kesukaan sang putri. Setelah sang anak berusia 17 tahun, Raditya juga menegaskan bila dirinya akan mengalihkan saham tersebut untuk anaknya. 

Selain Alinea, ramai di media sosial, seorang gadis bernama Farisa yang baru saja menginjak usia 17 tahun mengaku mendapatkan kado tak kalah bikin melongo.

Dalam video singkat yang diunggahnya di sosial media TikTok, Farisa awalnya merasa kesal karena tak kunjung mendapat kado dari sang ayah di sweet seventeen-nya itu.

Tak berselang slama, Farisa malah diminta menandatangani sebuah dokumen oleh sang ayah. Rupanya ayah Farisa menghadiahkan saham dan tanah kepada putrinya yang baru saja berusia 17 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.