Sukses

Bill dan Melinda Gates Lepas Saham Apple hingga Twitter Sebelum Bercerai

Yayasan Bill dan Melinda Gates menjual saham Apple dan Twitter kemudian kembali investasikan ke saham Coupang.

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates dan Melinda Gates melalui yayasannya telah menjual saham Apple dan Twitter senilai ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS). Hal ini dilakukan sebelum Bill dan Melinda Gates mengumumkan perceraian pada awal Mei.

Dalam laporan Barron’s  pertama kali mengungkapkan penjualan saham Apple dan Twitter dilakukan pada akhir Maret. Hal itu disampaikan dalam pengajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Sejak pengumuman perceraian,  Bill  Gates telah transfer sekitar USD 4 miliar atau sekitar Rp 57,27 triliun (asumsi kurs Rp 14.318 per dolar AS) kepada Melinda Gates, demikian dilansir dari The Entrepeneurs, Rabu (26/5/2021).

Selain itu, Yayasan Bill dan Melinda Gates juga menjual 272.420 saham Twitter. Mengutip laman Daily Mail, penjualan saham oleh Yayasan Bill dan Melinda Gates seiring pasangan tersebut memposisikan ulang portofolionya yang sangat besar karena Bill telah transfer saham ke Melinda.

Berdasarkan pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Yayasan Bill dan Melinda Gates menginvestasikan kembali saham yang dijualnya. Yayasan tersebut membeli 5,7 juta saham di perusahaan e-commerce Korea Selatan, Coupang.

Bill Gates adalah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih diperkirakan sekitar USD 146 miliar atau sekitar Rp 2,09 triliun (asumsi kurs Rp 14.316 per dolar AS)

Bill dan Melinda dikabarkan tidak memiliki perjanjian pranikah dan mengandalkan kontrak pemisahan untuk membagi aset.

Perjanjian pranikah menetapkan perjanjian kontrak jika terjadi perceraian, tetapi kontrak pemisahan kurang formal. Ini adalah perjanjian hukum yang menetapkan hak dan kewajiban masing-masing pihak seperti tunjangan dan hak asuh anak yang tidak melibatkan pengadilan. Bill Gates menuturkan, pengajuan perceraian ini seiring pernikahannya tidak dapat diperbaiki lagi dan meminta agar aset dibagi sesuai dengan kontrak pernikahan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melinda Gates Terima Saham Deeree

Sebelumnya, Cascade Investment, perusahaan investasi yang didirikan Bill Gates mentransfer saham Deere and Co kepada Melinda French Gates. Dengan demikian, total nilai transfer saham yang diterima Melinda Gates mencapai USD 3 miliar atau sekitar Rp 42,65 triliun (asumsi kurs Rp 14.217 per dolar AS).

Berdasarkan pengajuan kepada regulator, Cascade Investment transfer sekitar 2,25 juta saham senilai USD 851 juta atau sekitar Rp 12,09 triliun.

Sebelumnya Melinda Gates telah menerima saham Coca Cola Femsa, Grupo Televisa, dan saham di Canadian National Railway Co dan AutoNation Inc mencapai USD 1,8 miliar.

Pemisahan harta pasangan tersebut melibatkan transfer kekayaan dalam skala yang jarang terlihat. Cascade yang dikelola oleh Michael Larson ini memiliki sejumlah portofolio investasi termasuk di saham, private equity, energi, hotel dan modal ventura. Cascade mengendalikan USD 52 miliar dalam kepemilikan saham. Pasangan Gates termasuk pemilik tanah terbesar di Amerika Serikat.

Terkait saham Deere yang ditransfer ke Melinda, Deere merupakan produsen mesin pertanian. Cascade salah satu pemegang saham terbesarnya yang mengenggam lebih dari 10 persen senilai USD 11,9 miliar. Demikian dilansir dari the edge market, Sabtu, 15 Mei 2021.

Data Bloomberg menunjukkan kepemilikan saham terbesar di perusahaan pengumpulan limba Republic Services Inc mencapai USD 12 miliar.

Adapun perceraian Bill dan Melinda Gates terjadi setelah pengumuman perpisahan Jeff Bezos dan Mackenzie Scott pada 2019. Mackenzie menerima seperempat dari 16 persen saham Bezos di Amazon.

Scott sekarang menjadi perempuan terkaya keempat di dunia dan menjadi salah satu pendonor paling produktif pada 2020. Sumbangan itu berkontribusi pada kesetaraan gender bersama French Gates.

Berdasarkan indeks Bloomberg Billionare, kekayaan Gates bernilai sekitar USD 145 miliar, dan perceraian Gates akan lebih rumit ketimbang aset Bezos yang sebagian besar terkonsentrasi di saham Amazon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.