Sukses

Bayan Resources Tebar Dividen USD 300 Juta, Cek Jadwal Pembagiannya

PT Bayan Resources Tbk (BYAN) akan membagikan dividen tunai USD 0,9 per lembar saham.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bayan Resources Tbk (BYAN) menyetujui pembagian dividen tunai kepada para pemegang saham.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, (21/5/2021) PT Bayan Resources Tbk menyebut, total pembagian dividen pada tahun buku 2020 mencapai USD 300 juta atau setara dengan USD 0,9 per lembar saham.

"Berasal dari laba ditahan yang tidak dicadangkan perseroan sampai akhir tahun 2020," tulis informasi tersebut.

Selain itu, rapat tersebut juga menyetujui untuk memasukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tahun buku 2020 ke dalam pos pencatatan laba ditahan yang tidak dicadangkan sebesar USD 328,73 juta.

Untuk proses pembagiannya, wewenang dan kuasa penuh diberikan kepada direksi perseroan dengan tiga hak subtitusi, yakni untuk menetapkan daftar pemegang saham yang berhak atas dividen tunai.

"Menetapkan jadwal dan tata cara pembayaran dividen tunai dengan ketentuan jadwal dan tata cara penbayaran dividen tunai dimaksud ketentuan jadwal dan tata cara pembayaran dividen tunai dimaksud akan diumumkan dalam satu surat kabar harian nasional dan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tulisya.

Hal yang terakhir ialah melakukan segala tindakan yang diperlukan terkait dengan pelaksanaan pembagian dividen tunai tersebut dengan mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.  

Pada penutupan perdagangan saham sesi pertama, Jumat, 21 Mei 2021, saham PT Bayan Resources Tbk (BYAN) naik tipis 1,07 persen ke posisi Rp 14.200 per saham. Saham BYAN naik 1,07 persen ke posisi Rp 14.200 per saham.

Saham BYAN dibuka stagnan di kisaran Rp 14.050. Saham BYAN bergerak di kisaran Rp 14.050-Rp 14.550 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 92 kali dengan nilai transaksi Rp 527 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Pembagian Dividen

Berikut jadwal pembagian dividennya:

-Cum dividen untuk perdagangan di pasar regular dan negosiasi: 28 Mei 2021

-Ex dividen untuk perdagangan di pasar regular dan negosiasi: 31 Mei 2021

-Cum dividen untuk perdagangan di pasar tunai: 2 Juni 2021

-Ex dividen untuk perdagangan di pasar tunai: 3 Juni 2021

-Tanggal penutupan buku atau recording date dividen: 2 Juni 2021

-Pembayaran dividen: 15 Juni 2021

3 dari 3 halaman

Susunan Komisaris

Pada RUPST perseroan juga menyetujui untuk mengangkat kembali Purnomo Yusgianto sebagai Komisaris Utama, dan Lifransyah Gumay sebagai Komisaris. Selain itu, RUPST juga mengangkat Moermahadi Soerja Djanegara  sebagai Komisaris Independen.

Dengan demikian, susunan dewan komisaris:

-Komisaris Utama: Purnomo Yusgiantoro

-Komisaris: Lifransyah Gumay

-Komisaris: Moemahadi Soerja Djanegara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.