Sukses

Gelar Private Placement, KPIG Terbitkan 8,06 Miliar Saham Baru

PT MNC Land Tbk (KPIG) akan gelar private placement untuk membiayai proyek KEK MNC Lido City.

Liputan6.com, Jakarta - PT MNC Land Tbk (KPIG) akan menambah modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau private placement dengan menerbitkan saham baru sebanyak 10 persen dari jumlah seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh.

Jumlah saham baru yang diterbitkan itu setara 8.062.572.666 saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Perseroan akan menggunakan dana dari private placement itu untuk membiayai pengembangan dan pembangunan proyek di kawasan ekonomi khusus (KEK) MNC Lido City.

Saat ini, perseroan mengembangkan dan membangun kawasan Lido, Jawa Barat yang telah resmi disetujui oleh Dewan Nasional Kawasan Ekonomi khusus Republik Indonesia untuk ditetapkan menjadi KEK MNC Lido City.

KEK MNC Lido City, sebuah proyek pengembangan kawasan hunian, komersial, destinasi wisata dan resor terintegrasi seluas 3.000 hektar. Pengembangan KEK MNC Lido City akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, fokus kegiatan adalah pengembangan dan pembangunan infrastruktur lanjutan dan kegiatan lainnya yang diperlukan.

Selain itu, pengembangan dan pembangunan juga akan dilaksanakan untuk komponen proyek, yang meliputi penyelesaian lapangan golf 18-hole berstandar PGA beserta pembangunan club house, Lido Music and Arts Center, Lido World Garden dan MNC Park-Theme Park berstandar internasional pertama di Indonesia.

Dengan penambahan modal tersebut, perseroan menilai akan mendukung percepatan pengembangan dan pembangunan lanjutan di KEK MNC Lido City, meningkatkan struktur permodalan dan keuangan perseroan.

"Jumlah saham beredar perseroan akan bertambah sehingga akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan,” demikian mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Kamis, (20/5/2021).

Selain itu, perseroan dapat mengundang investor strategis yang berminat investasi modal dalam perseroan dan memberikan nilai tambah bagi kinerja perseroan. Pelaksanaan private placement ini dilakukan dalam dua tahun sejak tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Oleh karena itu, perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham dalam RUPSLB pada Jumat 25 Juni 2021.

"Mengingat jangka waktu pelaksanaan selama dua tahun terhitung sejak tanggal RUPSLB yang menyetujui penambahan modal, penggunaan dana dapat berubah dan disesuaikan dengan kebutuhan dana perseroan pada saat pelaksanaan penambahan modal itu,” tulis pengumuman perseroan.

Dengan ada penerbitan saham baru 8,06 miliar saham untuk private placement, pemegang saham perseroan akan alami penurunan (dilusi) kepemilikan saham secara proporsional sesuai dengan jumlah saham baru yang diterbitkan sebanyak-banyaknya 9,09 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham KPIG

Pada penutupan perdagangan saham, Rabu, 19 Mei 2021, saham PT MNC Land Tbk (KPIG) stagnan di posisi Rp 104 per saham. Total volume perdagangan saham 24.590.600 dengan frekuensi perdagangan 10.473 kali. Nilai transaksi harian saham Rp 2,6 miliar.

Sepanjang tahun berjalan 2021, saham KPIG turun 1,89 persen ke posisi Rp 104 per saham. Saham tertinggi di posisi Rp 234 dan terendah Rp 99. Total transaksi 724.954 kali dengan nilai transaksi Rp 1,2 triliun. Volume perdagangan saham 8.684.760.800.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.