Sukses

Grup Sinar Mas Siap Jalani Vaksinasi Gotong Royong untuk Ribuan Karyawan

Dengan memperluas dan mempercepat jangkauan vaksinasi COVID-19 melatarbelakangi dukungan sektor industri lewat inisiatif Vaksinasi Gotong Royong.

Liputan6.com, Jakarta - Grup Sinar Mas menjadi salah satu bagian perusahaan yang ikuti program Vaksinasi Gotong Royong perdana pada Selasa, (18/5/2021). Grup Sinar Mas menyatakan, program Vaksinasi Gotong Royong di lingkup industri dapat mendorong industri sehingga membantu pemulihan ekonomi Indonesia.

Dengan memperluas dan mempercepat jangkauan vaksinasi COVID-19 melatarbelakangi dukungan sektor industri lewat inisiatif Vaksinasi Gotong Royong.

"Kepercayaan pemerintah untuk mengawali Vaksinasi Gotong Royong di tempat ini dapat menjadi momentum berharga mendukung upaya bangsa Indonesia menciptakan kekebalan kelompok, membantu normalisasi aktivitas karyawan," ujar Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin tentang Vaksinasi Gotong Royong Sektor Makanan di pabrik Sinar Mas Agribusiness and Food di Marunda, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 18 Mei 2021.

Sementara itu,Head of Corporate Affairs Sinar Mas Agribusiness and Food, Harry Hanawi mengharapkan, cakupan vaksinasi yang semakin masif berikut penerapan protokol kesehatan yang prima dapat menjadi landasan menjaga keberlangsungan produksi.

Dengan demikian, kebutuhan bahan pangan masyarakat, maupun pasokan biodiesel bagi program bahan bakar terbarukan pemerintah tetap terpenuhi.

"Hampir 600 karyawan pabrik yang dikenal sebagai Marunda Refinery ini akan mendapatkan injeksi vaksin Sinopharm, kemudian secara bertahap menjangkau hingga 3.000 karyawan,” ujar Harry.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Vaksinasi di PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau secara virtual vaksinasi di pabrik sekaligus pusat penelitian produk pangan dan bahan bakar nabati berbasis kelapa sawit ini, terhubung dengan aktivitas serupa di-19 perusahaan.

Satu di antaranya PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk  (INKP), Tangerang Mill di bawah naungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas, yang secara bergelombang memvaksinasi 4.000 karyawan dari sejumlah mill.

Vaksinasi baik di Bekasi maupun Tangerang Selatan difasilitasi oleh Tzu Chi Hospital, melibatkan Klinik Pratama Simas Sehat, SehatQ serta Eka Hospital.

"Vaksinasi di lingkup industri manufaktur dengan karyawan dalam jumlah besar dapat mempercepat gerak sektor industri memulihkan perekonomian Indonesia," ujar Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata.

Ia menuturkan, karyawan juga mengapresiasi dukungan sejumlah pilar bisnis Sinar Mas yang menugaskan para tenaga medisnya, sekaligus mengingatkan agar karyawan penerima vaksin tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), kegiatan yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia ini menjadi tanggungan perusahaan yang berpartisipasi.

Vaksinasi juga mesti berlangsung di luar fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah, memakai vaksin yang berbeda dengan pemerintah, agar tidak menghambat program vaksinasi yang tengah berjalan.

3 dari 3 halaman

Grup Sinar Mas Termasuk INKP Mengawali Program Vaksinasi Gotong Royong

Sebelumnya, Grup Sinar Mas akan mengawali program Vaksinasi Gotong Royong. Grup Sinar Mas bersama perusahaan lainnya mengawali Program Vaksinasi Gotong Royong.

Pemerintah atas inisiatif Vaksinasi Gotong Royong menjadi momentum percepatan dan perluasan cakupan vaksinasi Covid-19, khususnya di lingkup manufaktur. 

"Menjadi perusahaan yang memvaksinasi karyawan melalui payung Vaksinasi Gotong Royong tidak semata upaya melindungi karyawan kami, namun lebih luas lagi adalah komitmen sektor industri guna bersama-sama mempercepat terbangunnya kekebalan komunitas guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin jelang pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Sektor Makanan di Marunda, Kabupaten Bekasi, dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 17 Mei 2021,

Hampir 600 karyawan Marunda Refinery Sinar Mas Agribusiness and Food mendapatkan vaksinasi menggunakan vaksin Sinopharm. Kemudian secara bertahap menjangkau hingga 3.000 karyawan. 

Tak sendirian di antara 19 perusahaan yang mengawali Vaksinasi Gotong Royong, bergabung juga Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memvaksinasi 4.000 orang karyawannya di PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) Tangerang Mill. 

 Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), kegiatan yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia ini menjadi tanggungan sektor industri.

Kegiatan vaksinasi gotong royong ini mesti berlangsung di luar fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah. Vaksin yang digunakan pun berbeda dengan program pemerintah yang tengah berlangsung.

Presiden Joko Widodo beserta jajaran menteri terkait turut hadir secara virtual dalam vaksinasi yang berpusat di Jababeka, Cikarang, Bekasi, Selasa, 18 Mei 2021.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.