Sukses

Penjelasan Pan Brothers Terkait Penurunan Peringkat dari Fitch Ratings

Liputan6.com, Jakarta - Emiten tekstil PT Pan Brothers Tbk (PBRX) angkat suara terkait turunnya pemeringkatan dari Fitch Ratings. Perseroan membenarkan ada penurunan peringkat Long-Term Issuer Default Rating (IDR) menjadi 'RD' dari 'C'. 

"Betul. Fitch Ratings telah menurunkan peringkat menjadi ‘RD’ dari ‘C’," jelas manajemen perseroan dalam keterbukaan informasi BEI, Senin (10/5/2021).

Dilansir dari laman fitchratings.com, penurunan peringkat menjadi 'RD' itu menyusul event of default yang terjadi karena gagal bayar pada beberapa fasilitas bank dan berakhirnya periode perjanjian standstill pada 12 Februari 2021.

"Belum ada perpanjangan pada standstill yang telah disetujui bersamaan oleh semua bank sindikasi dan bilateral hingga saat ini, walaupun diskusi terus berlanjut,” tulis Fitch Ratings dalam laporannya.

Oleh karena itu, bank dapat memilih untuk mempercepat pembayaran pada pinjaman bilateral dan pinjaman sindikasi yang sebesar USD 138,5 juta. Gagal bayar tersebut juga mengakibatkan default pada obligasi PBRX sebesar USD 171,1 juta yang jatuh tempo di Januari 2022. 

Namun, obligasi hanya dapat dipercepat pembayarannya apabila mendapatkan persetujuan dari paling sedikit 25 persen pemegang obligasi, yang belum terjadi hingga saat ini. Sayangnya, perseroan tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut terkait hal ini lantaran terikat NDA (Non-Disclosure Agreement) dengan para pihak. 

"Saat ini kami masih melanjutkan pembicaraan dengan para pihak dan mencari jalan keluar terbaik bagi semua pihak dengan berbagai opsi yang sampai saat ini belum disepakati semua pihak,” kata manajemen Perseroan.

Adapun pinjaman dimaksud, Perseroan mengakui belum ada pembayaran, aliasas pinjamannya masih tetap. Namun, perseroan mengaku masih membayar bunganya, sekaligus mempertahankan berjalannya operasional perusahaan .

Hingga saat ini, PT Pan Brothers Tbk mengaku tidak ada informasi/kejadian penting lainnya dan mempengaruhi harga efek perseron serta kelangsungan hidup perseoani yang diungkap kepada publik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham PBRX

Pada penutupan perdagangan saham, Senin, 10 Mei 2021, saham PT Pan Brothers Tbk (PBRX) stagnan di posisi Rp 163 per saham. Saham PBRX berada di kisaran Rp 162-Rp 167 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 323 kali dengan nilai transaksi Rp 524,6 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.