Sukses

Bergerak Tak Wajar, BEI Awasi Saham KIOS dan SAMF

Saham KIOS dan SAMF alami peningkatan signifikan yang di luar kebiasaan (UMA) sehingga dipantau oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) memantau pergerakan dua saham yaitu PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) dan PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS). Hal ini seiring terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham KIOS dan SAMF di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA).

Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan ada pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di pasar modal.

Untuk KIOS, informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat adalah informasi pada 4 Mei 2021 yang dipublikasikan melalui website BEI terkait laporan informasi dan fakta material pendirian anak usaha. Sebelumnya bursa telah mengumumkan suspensi hingga pengumuman bursa lebih lanjut pada 26 Januari 2021-17 Februari 2021 atas perdagangan saham KIOS.

Selain itu, suspensi cooling down pada 20 Januari 2021 atas perdagangan saham KIOS dan UMA pada 15 Januari 2021 atas perdagangan saham KIOS.

Pada 3-7 Mei 2021, saham KIOS naik 37,60 persen ke posisi Rp 860 per saham. Saham KIOS berada di posisi tertinggi Rp 1.000 dan terendah Rp 585 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 49.407 kali dengan nilai transaksi Rp 228,6 miliar.

Demikian juga dengan saham SAMF yang alami peningkatan dan aktivitas saham yang di luar kebiasaan. Informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat adalah informasi pada 7 Mei 2021 yang dipublikasikan melalui website BEI terkait laporan bulanan registrasi pemegang efek.

Saham SAMF sudah naik 117,34 persen ke posisi Rp 865 per saham. Saham SAMF berada di posisi tertinggi Rp 865 dan terendah Rp 390 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 55.594 kali dengan nilai transaksi Rp 156,8 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BEI Cermati Saham KIOS dan SAMF

Oleh karena itu, bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham KIOS dan SAMF. Investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Selain itu, investor juga diharapkan mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS, dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum mengambil keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • UMA

  • Saham KIOS

  • Saham SAMF