Sukses

Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp 28,86 Triliun, Buat Apa?

Jeff Bezos telah mempercepat penjualan saham Amazon dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya ia pernah menuturkan akan menjual saham Amazon setiap tahun untuk biayai Blue Origin.

Liputan6.com, New York - CEO Amazon Jeff Bezos menjual hampir USD 2 miliar atau sekitar Rp 28,86 triliun (asumsi kurs dolar AS terhadap rupiah 14.434 per dolar AS) kepemilikan saham di Amazon.

Hal itu berdasarkan pengajuan yang disampaikan ke pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS) atau the Securities and Exchange Commission yang disusun oleh OpenInsider.  Jeff Bezos menjual sekitar USD 684 juta atau sekitar Rp 9,87 triliun saham Amazon pada Selasa, 4 Mei 2021. Hal itu setelah menjual sekitar USD 1,27 miliar saham pada Senin, 3 Mei 2021.

Mengutip CNBC, Kamis (6/5/2021),  Jeff Bezos diperkirakan telah menjual sekitar USD 1,95 miliar atau sekitar Rp 28,12 triliun (asumsi kurs Rp 14.424 per dolar AS).

Transaksi tersebut dilakukan sebagai bagian dari rencana perdagangan 10b5-1 yang telah diatur sebelumnya. Perwakilan dari Amazon belum bersedia untuk menanggapi mengenai penjualan saham tersebut.

Penjualan saham tersebut terjadi satu minggu setelah Amazon melaporkan hasil pendapatan kuartal pertama, dan mengalahkan harapan wall street. Penguatan kinerja Amazon seiring bisnisnya yang didukung oleh lonjakan aktivitas e-commerce yang dipicu pandemi COVID-19.

Jeff Bezos telah mempercepat penjualan sahamnya dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya ia melepas saham senilai hampir USD 4,1 miliar atau sekitar Rp 59,16 triliun pada Februari 2021. Pada November 2020, Bezos telah menjual saham Amazon senilai USD 3 miliar atau sekitar Rp 43,28 triliun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biayai Perusahaan Eksplorasi Luar Angkasa Blue Origin

Pendiri Amazon ini pernah mengatakan menjual saham Amazon senilai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,43 triliun setiap tahun untuk membiayai perusahaan eksplorasi luar angkasa Blue Origin. Perusahaan tersebut terus berkembang, dan mengumumkan akan meluncurkan kru astronot pertama ke luar angkasa pada musim panas ini.

Bezos juga mengalokasikan modal tambahan untuk Day One Fund, organisasi yang diluncurkan pada September 2018 untuk memberikan pendidikan di komunitas berpenghasilan rendah dan memerangi tunawisma. Pada November 2020, dana tersebut memberikan USD 98,5 juta atau Rp 1,42 triliun kepada 32 grup.

Inisiatif ini menjadi fokus Bezos setelah mengundurkan diri pada kuartal III 2021. Bezos akan menyerahkan posisinya kepada CEO AWS Andy Jassy dan mengambil peran sebagai chairman di dewan Amazon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.