Sukses

Lo Kheng Hong: Cari Mutiara di Laporan Keuangan, Dapat 'Mercy Harga Avanza'

Lo Kheng Hong menuturkan, menyebut satu-satunya jalan memilih emiten yang baik ialah mengetahui secara detail laporan keuangan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dilirik masyarakat, ada beberapa hal yang perlu diketahui saat melakukan investasi saham, salah satunya risiko kegagalan apabila salah memilih saham emiten.

Karena itu, investor saham didorong untuk selalu belajar mengenai investasi saham. Hal itu bisa dilakukan dengan mempelajari analisis fundamental perusahaan, teknikal dan lainnya sehingga mengetahui seluk beluk saham yang dibeli. Hal ini juga ditegaskan oleh Lo Kheng Hong.

Dalam diskusi secara virtual, Ia menyebut satu-satunya jalan memilih emiten yang baik ialah mengetahui secara detail laporan keuangan perusahaan.

"Enggak ada jalan lain hanya satu jalan membaca laporan keuangan sehingga kita tahu secara detail perusahaan itu," katanya, ditulis Minggu (25/4/2021).

Selain itu, Lo Kheng Hong juga meminta para investor untuk selalu belajar dari kesuksesan Warren Buffet. Ia menyebut, lelaki berumur 90 tahun ini masih membaca selama 6 jam setiap hari.

"Apa yang Warren Buffet lakukan di usianya ke 90 tahun. Setiap hari ia membaca enam jam. Ia membaca laporan keuangan jadi dia tahu secara detail perusahaan yang ada," ujarnya.

Pria berusia 62 tahun ini juga menegaskan, masyarakat tak perlu mendapatkan saran saham dari orang lain. Untuk mengambil keputusan yang tepat, investor harus mengetahui kinerja perusahaan tersebut.

"Enggak ada cara lain, punya temen segala macam tanya-tanya, jangan. Jadi setiap hari kita harus mencari mutiara-mutiara itu di dalam laporan keuangan, jadi kita baru bisa mendapatkan Mercy harga Avanza," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Beli Kucing dalam Karung

Sebelumnya, boleh sembarangan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda investasi di bursa saham. Menjadi salah satu tokoh sukses di pasar modal, Lo Kheng Hong tak segan memberikan saran.

Dalam diskusi secara virtual, Warren Buffett Indonesia ini menegaskan, investor yang hendak melakukan investasi perlu melakukan analisis dan mengetahui secara detail perusahaan yang diinginkan.

"Kalau menurut saya salah satu kunci untuk bisa berhasil di saham, penguasaaan kita tentang perusahaan itu, jadi tiap hari kita harus baca laporan keuangan, tau kondisi keuangan perusahaan secara menyeluruh dan sedetail mungkin," katanya Sabtu (24/4/2021).

Tak hanya laporan keuangan, Lo Kheng Hong juga menegaskan, investor perlu mengetahui secara rinci bagaimana kinerja managemen dan mengetahui utang yang dimiliki perusahaan terkait.

"Jadi kita tahu sekali kondisi perusahaannya, enggak beli kucing dalam karung bahwa ini kita benar benar membeli Mercy seharga Avanza, jadi ini laporan perusahaan sedetail mungkin harus tahu," ujarnya.

Lo Kheng Hong juga menegaskan, investor yang baik tidak hanya mendengarkan saran dari analis, teman atau influencer. Ia harus mengetahui secara jelas dan memiliki wawasan untuk investasi.

"Bukan dengar rekomendasi analis, bukan dari influencer, bukan dari teman, tapi yang kita tahu. Jadi itu yang bisa membuat kita berhasil karena kita tau apa yang kita beli," tuturnya.  

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.