Sri Rejeki Isman Bersama Tiga Anak Usaha Digugat PKPU, Saham SRIL Tertekan

Oleh Agustina Melani pada 23 Apr 2021, 15:20 WIB
Diperbarui 23 Apr 2021, 19:10 WIB
Ilustrasi keadilan.
Perbesar
Ilustrasi keadilan. (Photo by Choco on Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) bersama tiga anak usahanya menghadapi gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) di Pengadilan Negeri Semarang.

Mengutip laman Sistem Informasi Penelusuran Perkasa Pengadilan Negeri Semarang, ditulis Jumat (23/4/2021), gugatan terhadap PT Sri Rejeki Isman Tbk dan tiga anak usahanya itu dilayangkan oleh CV Prima Karya. Gugatan PKPU itu didaftarkan pada Senin, 19 April 2021 dengan nomor perkara 12/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN Niaga Smg.

CV Prima Karya sebagai pemohon telah menunjuk kuasa hukum Sahat M.Tamba dan Eva Ratnasari. Mengutip petitum antara lain permohonan penundaan PKPU yang diajukan oleh pemohon PKPU terhadap PT Sri Rejeki Isman Tbk sebagai termohon PKPU I, PT Sinar Pantja Djaja sebagai termohon PKPU II, PT Bitratex Industries sebagai termohon PKPU III, dan PT Primayudha Mandirijaya sebagai termohon PKPU IV.

Kemudian menyatakan PT Sri Rejeki Isman Tbk sebagai termohon PKPU I, PT Sinar Pantja Djaja sebagai termohon PKPU II, PT Bitratex Industries sebagai termohon PKPU III, dan PT Primayudha Mandirijaya sebagai termohon PKPU IV berada dalam penundaan kewajiban pembayaran utang.

Selanjutnya menetapkan PKPU sementara terhadap termohon PKPU I, termohon PKPU II, termohon PKPU III dan termohon PKPU IV untuk jangka waktu paling lama 45 hari sejak dikeluarkannya putusan ini.

Lalu menunjuk dan mengangkat hakim pengawas dari hakim-hakim pengadilan niaga pada pengadilan negeri Semarang untuk mengawasi proses PKPU terhadap PT Sri Rejeki Isman Tbk dan anak tiga usahanya.

Selain itu menunjuk dan mengangkat Zockye Moreno Untung Silaen, Syarif Hidayatullah dan Bensopad sebagai kurator dan pengurus yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Selanjutnya membebankan seluruh biaya pengadilan kepada Sri Rejeki Isman dan tiga anak usahanya.  “Atau apabila majelis hakim yang terhormat pada pengadilan pada pengadilan negeri Semarang yang memeriksa dan memutus perkara ini mempunyai pertimbangan lain, mohon dapat diberikan putusan yang seadil-adilnya (ex aequo et bono),” demikian dikutip dari laman sipp.pn-semarangkota.go.id

2 dari 3 halaman

Gerak Saham SRIL

IHSG Menguat
Perbesar
Seorang pria mengambil gambar layar yang menampilkan informasi pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (8/6/2020). Seiring berjalannya perdangan, penguatan IHSG terus bertambah tebal hingga nyaris mencapai 1,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada penutupan perdagangan saham Jumat, 23 April 2021, saham SRIL turun 1,84 persen ke posisi Rp 160 per saham.

Saham SRIL dibuka melemah dua poin ke posisi Rp 161 per saham. Saham SRIL bergerak di kisaran Rp 152-Rp 163 per saham.  Total frekuensi perdagangan saham 12.355 kali dengan nilai transaksi Rp 47,8 miliar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓