Sukses

Pesan Direktur BEI Risa Rustam Saat Peringatan Hari Kartini

Seiring berjalannya waktu, perempuan Indonesia kini tak hanya andil berperan dalam lingkup sosialnya, melainkan juga merambah pada lingkup profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kartini yang diperingati tiap 21 April membawa kesan tersendiri bagi perempuan tanah air. Lantaran, momentum ini sekaligus menjadi pengingat sejauh mana tekad R.A Kartini diteruskan.

Seiring berjalannya waktu, perempuan Indonesia kini tak hanya andil berperan dalam lingkup sosialnya, melainkan juga merambah pada lingkup profesional.

Kedudukan perempuan kian setara dengan laki-laki dalam menentukan karier. Sehingga tak jarang ditemui jabatan tinggi suatu perusahaan atau lembaga yang diisi oleh perempuan.

Di sisi lain, kesetaraan hak perempuan untuk berkarier guna mewujudkan kemandirian finansial. Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia Bursa Efek Indonesia (BEI), Risa E. Rustam mengatakan, kebebasan finansial adalah kebutuhan bagi seorang perempuan. Hal itu memungkinkan perempuan untuk menjalani hidup dengan caranya sendiri. 

"Salah satu hadiah terbaik yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita adalah untuk membesarkan dan menginspirasi putri kita untuk menjadi wanita mandiri secara finansial, mengajari putra kita untuk menghormati dan mendukung wanita yang memperjuangkannya," kata dia seperti dikutip dari instagram @indonesiastockexchange, Rabu (21/4/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Profil Direktur Keuangan dan SDM BEI Risa E.Rustam

Risa merupakan satu-satunya direksi perempuan di Bursa. Ia ditetapkan sebagai Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia di BEI melalui RUPS pada 29 Juni 2018. Memulai karier di pasar modal tahun 1989 di HSBC-Custodial Services sebagai Staff Officer. 

Risa kemudian bergabung dengan PT Baring Securities Indonesia pada 1991 sebagai Settlements Manage. Menjabat sebagai Direktur PT ING Securities Indonesia sejak 1999, kemudian sebagai Direktur/COO di PT Macquarie Sekuritas mulai 2004-2016. 

Selain itu, Risa juga aktif di berbagai Komite Kerja maupun Satuan Tugas di OJK, BEI, KPEI & KSEI sejak tahun 1998 sampai tahun 2016. Risa berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, dan sertifikasi CACP (Certification in Audit Committee Practices) dari Ikatan Komite Audit Indonesia (IKAI).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.