Grab Genggam Saham Emtek Melalui H Holdings

Oleh Agustina Melani pada 19 Apr 2021, 20:11 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 23:05 WIB
Logo EMTEK
Perbesar
Logo EMTEK

Liputan6.com, Jakarta - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau disebut Emtek memberikan penjelasan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) mengenai masuknya Grab Holdings Inc melalui H Holdings Inc.

H Holdings Inc merupakan investor yang mengambil bagian atas penerbitan saham baru melalui penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari H Holdings Inc, H Holdings adalah afiliasi dari Grab Holdings Inc (Grab) dan merupakan investor yang telah mengambil bagian atas saham baru yang diterbitkan oleh perseroan melalui PMTHMETD yang dilaksanakan pada 31 Maret 2021. Kepemilikan saham H Holdings Inc di perseroan adalah sebesar 4,6 persen dari saham yang diterbitkan oleh Perseroan," demikian mengutip keterbukaan informasi ke BEI yang disampaikan perseroan, Senin (19/4/2021).

Sebelumnya, Emtek telah menyelesaikan private placement pada 31 Maret 2021. Emtek menerbitkan sebanyak-banyaknya 4,75 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 20 per saham. Harga pelaksanaan private placement yang ditetapkan Rp 1.954 per saham. 

Pada aksi korporasi tersebut, sejumlah investor yang menyerap saham antara lain NAVER Corporation dan H Holdings Inc.

Selain itu, ada beberapa investor institusi antara lain PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk, PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, PT Elbara Perkasa, dan PT Syailendra Capital.

Perseroan juga menjelaskan mengenai latar belakang Grab melakukan transaksi tersebut. Emtek dan Grab banyak berinvestasi dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia. Selain itu, Perseroan dan Grab juga telah beberapa kali berdiskusi untuk mengembangkan peluang bisnis baru.

"Ketika perseroan memutuskan untuk melakukan penerbitan saham guna mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnisnya di sektor digital, media dan layanan kesehatan, Grab menyatakan minatnya untuk berpartisipasi, yang pada akhirnya direalisasikan melalui investasi oleh H Holdings Inc," demikian mengutip keterbukaan informasi BEI.

Dengan transaksi tersebut, sinergi yang diharapkan dengan hubungan yang lebih erat antara Grab dan Perseroan sehingga menciptakan peluang untuk berinvestasi pada bisnis yang ada saat ini. 

"Serta bisnis baru yang bersinggungan dengan kepentingan perseroan dan Grab," demikian mengutip keterbukaan informasi BEI.

2 dari 3 halaman

Rencana Bisnis

Selain itu, perseroan juga menjelaskan mengenai rencana bisnis dalam tiga tahun ke depan. Perseroan telah mengembangkan di bidang pelayanan kesehatan dan ekonomi digital dalam beberapa tahun terakhir.

"Baru-baru ini perseroan telah melaksanakan modal (PMTHMETD) untuk memperkuat permodalan dalam mengembangkan bisnisnya terutama di bidang-bidang tersebut,"

Perseroan telah akuisisi saham pengendali di PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk dan juga mendanai serta turut serta dalam penerbitan saham baru di perusahaan tersebut untuk mendukung pengembangan bisnis dan mencapai target pertumbuhannya.

"Perseroan berencana untuk berinvestasi dalam pertumbuhan di bidang pelayanan kesehatan selama tiga tahun ke depan," demikian mengutip dari keterbukaan informasi BEI.

Selain itu, perseroan juga memiliki ketertarikan terhadap penerbitan digital, platform streaming video, pembayaran uang elektronik dan e-commerce. Berbagai bisnis digital tersebut masih berkembang dan membutuhkan modal selama beberapa tahun ke depan untuk pengembangan dan pertumbuhannya.

"Mengingat perseroan memiliki beberapa investasi strategis di ekosistem digital, kami yakin akan ada peluang baru dalam ekonomi digital yang dapat dimanfaatkan Perseroan dengan menggunakan modal yang dihimpun melalui PMTHMETD,”

Perseroan menyatakan, tidak menutup kemungkinan peluang tersebut akan berkaitan dengan bisnis Grab atau peluang baru yang dapat dikembangkan melalui kerja sama antara Grab dan Perseroan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓