Sukses

Jangan Asal Pilih Perusahaan Sekuritas, Simak Dulu Langkah-Langkah Ini

Di Indonesia, ada banyak perusahaan sekuritas. Namun, jangan sampai salah pilih. Pastikan Anda mendapatkan perusahaan sekuritas yang sesuai.

Liputan6.com, Jakarta - Jika ikuti investasi saham, kehadiran perusahan sekuritas mungkin bukanlah sesuatu yang asing. Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transaksi jual beli efek

Pada dasarnya, perusahaan ini tidak mengeluarkan efek, tetapi sebagai perantara investor dengan pasar modal dalam jual beli efek. Di Indonesia, ada banyak perusahaan sekuritas.

Namun, jangan sampai salah pilih. Pastikan Anda mendapatkan perusahaan sekuritas yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Anda.

Dilansir dari laman instagram @indonesiastockexchange, ada beberapa langkah yang harus Anda pertimbangkan ketika hendak memilih perusahaan sekuritas. Pertama, Anda perlu memastikan perusahaan sekuritas terdaftar di Bursa.

Anda juga perlu untuk mencermati laporan keuangan perusahaan sekuritas anggota Bursa untuk mengetahui performa dan komposisi posisi keuangannya. Caranya, kunjungi laman idx.co.id. Lalu klik Anggota bursa, kemudian profil anggota bursa dan  pilih perusahaan sekuritas anggota bursa.

Setelah itu, Anda bisa klik pada tab laporan keuangan. Disana tertera laporan keuangan perusahaan sekuritas secara lengkap. Tak berhenti sampai disitu, cari tahu fee atau biaya transaksi yang dikenakan kepada investor. 

"Karena biaya transaksi setiap sekuritas berbeda-beda. Ada yang lebih murah, tapi jangan sampai mengorbankan fasilitas yang kamu dapat,” tulis BEI seperti dikutip, Minggu (18/4/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telusuri Track Record

Selain itu, pastikan apakah perusahan sekuritas menyediakan aplikasi online trading atau tidak. Tujuannya, yakni untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi.

Perhatikan juga layanan yang ditawarkan. Apakah mengakomodir hal yang Anda butuhkan, seperti tim analisis handal yang analisis pasarnya bagus. Atau menyediakan kelas edukasi untuk investornya

"Selain itu, aktif memberikan informasi melalui berbagai media dan menyediakan layanan pengaduan yang mudah diakses, misalnya media sosial,” imbuh BEI.

Agar tak membeli kucing dalam karung, Anda juga perlu menelusuri track record dari perusahaan sekuritas. Langkah ini bisa Anda lakukan dengan berselancar di sistem pencarian seperti Google. Track record yang baik akan membuat Anda merasa aman dan nyaman berinvestasi.

Terakhir, Anda bisa cek perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas pembukaan rekening secara online di idx.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.