Sukses

Investor Minati Penawaran Saham Perdana Nusa Palapa Gemilang

PT Nusa Palapa Gemilang Tbk melepas 648,04 juta saham ke publik dalam rangka IPO.

Liputan6.com, Jakarta - PT Nusa Palapa Gemilang Tbk, perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi, pemasaran dan perdagangan pupuk buatan majemuk hara makro primer, menggelar penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO). Pada aksi korporasi ini, perseroan melepas 648.047.200 saham. 

Besaran saham itu setara dengan 20 persen dari modal disetor dan ditempatkan perseroan dengan harga Rp 100 per saham. Perusahan menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai underwriter. Perseroan didirikan pada 2001 dan merupakan pemilik pabrik pupuk NPK.

"Langkah perusahaan masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO adalah bagian dari strategi meningkatkan kapasitas pendanaan perusahaan dan tata kelola lebih baik lagi," ujar Direktur Utama Perseroan, Uus Sudianto dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).

Adapun kinerja perseroan hingga  September 2021 masih mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang positif. Uus optimistis dengan prospek perusahaan yang dijalankan saat ini.

Di sisi lain, keyakinan tersebut lantaran ada pertumbuhan permintaan pupuk NPK dari perkebunan kelapa sawit sebagai imbas dari membaiknya harga CPO internasional. 

"Selain itu, pertumbuhan PDB sektor industri pupuk yang meningkat sebesar dan menyumbang PDB ekspor non migas Indonesia sebesar,” ia menuturkan.

Sementara, Head of Corporate Finance PT UOB Kay Hian Sekuritas Daud Gunawan menuturkan, Perseroan memperoleh izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 29 Maret 2021. 

“Selama masa penawaran umum pada 31 Maret hingga 7 April 2021, saham PT Nusa Palapa Gemilang Tbk mendapatkan minat yang cukup positif dari para investor dan seluruh saham yang ditawarkan dapat terserap dengan baik,” ujar dia.

Dari aksi korporasi ini, perseroan akan menerima  dana segar sebesar Rp 64,8 miliar. Rencananya, 82 persen dana IPO digunakan untuk akuisisi lahan. Sisanya sebanyak 18 persen akan digunakan untuk modal kerja perseroan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekilas Nusa Palapa Gemilang

Didirikan pada 2001, PT Nusa Palapa Gemilang adalah perusahaan yang bergerak dibidang Produksi, Pemasaran dan Perdagangan Pupuk Buatan Majemuk Hara Makro Primer, dengan pabrik yang berlokasi di Desa Bakung Temenggungan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. 

Aset pertama perseroan adalah mesin produksi dengan teknologi Pan Granulator yang menghasilkan pupuk NPK Granul dan Mikro Granul.

Selanjutnya pada 2010, perseroan meningkatkan kapasitas produksi dengan membangun line produksi baru mesin Steam Granulation 1, dan pada Juli 2019 perseroan mengoperasikan mesin Steam Granulation 2. Total kapasitas produksi perseroan saat ini adalah 180 ribu ton per tahun.

Pada 2020, para pemegang saham PT Nusa Palapa Gemilang Tbk menyetujui untuk melakukan penyesuaian anggaran dasar dengan maksud merubah perseroan menjadi Perusahaan Terbuka dan melakukan penawaran umum perdana saham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.