Sukses

Gelar Asean Exchanges, 7 Bos Bursa Sepakat Kembangkan Pasar Modal Regional

Pertemuan CEO Bursa ASEAN ke-32 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Thailand (SET).

Liputan6.com, Jakarta - ASEAN Exchange, yang melibatkan tujuh bursa di kawasan ASEAN, menggelar pertemuan yang ke 32 secara virtual pada Selasa, 30 Maret 2021. Pada pertemuan ini membahas penguatan kerja sama pada produk lintas batas.

Pertemuan CEO Bursa ASEAN ke-32 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Thailand (SET). CEO tujuh Bursa ASEAN dari enam negara yaitu Bursa Malaysia, Bursa Efek Hanoi, Bursa Efek Hochiminh, Bursa Efek Indonesia, Bursa Efek Filipina, Bursa Singapura, dan SET.

Pada pertemuan ini, para CEO Bursa membahas penguatan kerja sama pada produk lintas batas (cross-border products), kerja sama untuk meningkatkan keberlanjutan di pasar modal, dan melanjutkan pemasaran bersama kegiatan ASEAN.

Presiden SET Pakorn Peetathawatchai mengatakan, pada 2020 lalu ASEAN Exchanges berhasil meluncurkan platform informasi baru di situs web ASEAN Exchanges dan secara bersama-sama berpartisipasi dalam beberapa acara virtual. 

Agenda tahun ini difokuskan pada fasilitasi penerbitan produk ASEAN. Di antaranya dengan memiliki produk lintas batas (cross-border products), berbagi pengalaman dalam pengembangan ekosistem pasar modal dan investasi yang akan mengarah pada keberlanjutannya di tengah normal baru dengan pelaksanaan yang praktis. Serta terus bekerja dengan mitra untuk mendorong diversifikasi, inovasi, dan peluang investasi yang lebih besar.

Adapun ASEAN Exchange memulai tahun dengan konferensi virtual yang diselenggarakan 4-8 Januari 2021, yang diselenggarakan bersama dengan Credit Suisse. 

Pembuat kebijakan utama ASEAN dan eksekutif tingkat tinggi dari sektor swasta membagikan pengetahuan dan keahlian mereka kepada lebih dari 90 investor institusi yang berpartisipasi. Konferensi tersebut diikuti oleh 208 pertemuan akses perusahaan. Hal ini mencerminkan tingginya minat di Bursa ASEAN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memacu Peluang Investasi

Ke depannya, kolaborasi ASEAN Exchanges akan terus bekerja sama dengan mitra terbaik di kelasnya dari seluruh dunia dengan menitikberatkan pada tema Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk memacu tumbuhnya peluang investasi di kawasan.

ASEAN Exchange akan bersama-sama membentuk Kelompok Kerja Keberlanjutan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan daya tarik perusahaan terdaftar di ASEAN kepada investor global.

Selain tujuh bursa ASEAN, Bursa Efek Kamboja dan Bursa Yangon turut bergabung dalam pertemuan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut tentang Pertukaran ASEAN, informasi perdagangan, perusahaan terdaftar, statistik, analisis dan kegiatan penting, dapat mengunjungi www.aseanexchanges.org.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.