Sukses

Kalbe Farma Bakal Tingkatkan Produksi Tes COVID-19 Pakai Sampel Air Liur

Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) juga melayani masyarakat yang memeriksa COVID-19 dengan RT LAMP Saliva secara langsung melalui Laboratorium Klinik Kalgen Innolab.

Liputan6.com, Jakarta - Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) telah meluncurkan produk tes diagnostik covid-19 dengan sampel air liur atau saliva.

Tes diagnostik Covid-19 dengan sampel air liur ini menggunakan metode Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification (RT LAMP) yang dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS CoV-2.

Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk Irawati Setiady menerangkan, LAMP adalah tes molekular yang termasuk dalam kategori Nucleic Acid Amplification Test (NAAT) bersama dengan RT–PCR dan TCM sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01.07/ MENKES/ 446/2021.

Sebagai tes molekuler, akurasi metode RT LAMP lebih baik dibandingkan rapid tes COVID-19 antigen yang mendeteksi protein virus.

"Pemeriksaan covid-19 melalui metode RT LAMP Saliva ini berguna untuk percepatan melakukan tracing dan testing, serta dapat menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dengan minim infrastruktur laboratorium pemeriksaan Covid-19,” ujar Irawati dalam video konferensi, Kamis (25/3/2021).

Adapun kit untuk pemeriksaan tersebut telah mendapatkan izin edar resmi dari Kementerian Kesehatan RI dengan nomor AKD 20303120508 yang diproduksi oleh PT Kalgen DNA dan akan dipasarkan dengan merk ELVA DIAGNOSTIC SARS CoV 2 Saliva Nucleic Acid Test Kit oleh PT Enseval Medika Prima.

"PT Kalgen DNA saat ini mampu memproduksi kit RT LAMP Saliva ini sebanyak 460 ribu tes per bulan dan kapasitas ini akan ditingkatkan menjadi 2 juta per bulan dalam waktu 2-3 bulan mendatang. Kit RT LAMP Saliva ini akan didistribusikan ke rumah sakit, puskesmas, dan layanan kesehatan yang ada di Indonesia,” ujar Irawati.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laboratorium Kalbe Farma

Kalbe juga melayani masyarakat yang melakukan pemeriksaan COVID-19 dengan RT LAMP Saliva secara langsung melalui Laboratorium Klinik Kalgen Innolab (Laboratorium Kalbe Farma).

Kalgen Innolab merupakan Laboratorium Klinik Utama penyedia layanan tes Covid-19 (RT PCR dan Rapid Antigen) yang termasuk dalam jejaring Kementerian kesehatan dan salah satu partner dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan memiliki portofolio lengkap untuk tes COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.