Sukses

Investor Bill Ackman Sumbang USD 1,3 Miliar Saham Coupang untuk Amal

Coupang menyelesaikan penawaran umum perdana terbesar pada 2021 dengan memulai debut pencatatan saham perdana minggu lalu di Bursa Efek New York.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder sekaligus aktivis investor, Bill Ackman, memberikan sebagian sahamnya untuk amal. Memiliki USD 13 miliar Pershing Square Capital and an early investor in Coupang (CPNG), Ia telah menyumbangkan lebih dari USD 1,3 miliar saham e-commerce Korea Selatan tersebut atau senilai Rp 18,73 triliun (asumsi kurs Rp 14.409 per dolar AS).

"Saya adalah investor hari pertama yang sangat beruntung di Coupang. Sebagai hasil dari kesuksesannya yang luar biasa, 26,5 juta sahamnya akan bermanfaat bagi umat manusia karena saya memberikan semua bagiannya kepada Pershing Square Foundation dan organisasi nirlaba lainnya," tulis Ackman di Twitter pribadinya.

Meski sudah memberikan keterangan melalui Twitter, Yahoo Finance menyebut, seorang juru bicara Ackman menolak berkomentar.

Saham Coupang ( CPNG ) pada perdagangan terakhir mengalami kenaikan 6,29 persen atau USD 3,05, mendekati USD 51,52. 

Perusahaan e-commerce Coupang didirikan oleh Bom Suk Kim pada Mei 2010. Coupang menyelesaikan penawaran umum perdana terbesar pada 2021 dengan memulai debut pencatatan saham perdana minggu lalu di Bursa Efek New York.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ackman yang merupakan seorang  investor terkenal, memiliki reputasi  mengambil saham besar di perusahaan publik, sehingga terjadi perubahan. Pershing Square Holdings diperdagangkan secara publik oleh perusahaan hedge fund dan berhasil membukukan tahun terbaiknya pada 2020.

Tercatat, penghasilan yang didapatkan mencapai  70,2 persen. Angka tersebut jauh melampaui pasar. Dana tersebut naik 5,3 persen year-to-date pada 9 Maret.

Pershing Square Foundation didirikan pada 2006,. Yayasan tersebut telah memberikan lebih dari USD 400 juta dalam bentuk hibah dan investasi sosial di bidang kesehatan, kedokteran, pendidikan, pembangunan ekonomi, dan keadilan sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.