Sukses

Baidu Bidik Dana Rp 43,15 Triliun dari IPO di Bursa Saham Hong Kong

Baidu bergabung dengan jajaran perusahaan teknologi China yang saat ini tercatat di bursa saham AS dan melakukan penawaran sekunder di bursa Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta - Baidu akan mengumpulkan dana sekitar USD 3 miliar atau sekitar Rp 43,15 triliun (asumsi kurs Rp 14.383 per dolar AS saat pencatatan saham sekunder di bursa saham Hong Kong.

Mengutip CNBC, Kamis (11/3/2021), seorang sumber mengatakan, kalau pendaftaran saham akan selesai sebelum akhir bulan. Baidu yang juga terdaftar di bursa saham Nasdaq akan menerbitkan empat persen saham. Proses book building atau masa penawaran awal paling cepat dilakukan Jumat. Harga saham akan diumumkan menjelang akhir pekan depan.

Meski demikian, Baidu menolak berkomentar mengenai hal itu. Baidu bergabung dengan jajaran perusahaan teknologi China yang saat ini tercatat di bursa saham AS dan melakukan penawaran sekunder di bursa Hong Kong.

Baidu masuk jajaran bersama Alibaba.com, JD.com, dan NetEase. Bilibili juga telah mengajukan daftar sekunder di bursa saham Hong Kong.

Pencatatan saham ini telah mengubah bursa saham Hong Kong menjadi tempat yang menarik bagi perusahaan teknologi China untuk meningkatkan modal.

Sementara itu, ketegangan antara AS dan China telah mendorong beberapa perusahaan China untuk melihat daftar sekunder lebih dekat ke rumah. Pada Desember, mantan Presiden AS Donald Trump teken undang-undang yang mengancam akan menghapus perusahaan yang tidak mematuhi standar audit Amerika.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Diversifikasi

Baidu juga bisa memanfaatkan kenaikan 128 persen sahamnya dalam 12 bulan terakhir untuk meningkatkan modal.

Meskipun secara tradisional dikenal dengan bisnis pencarian dan periklanannya, Baidu belakangan ini berusaha untuk melakukan diversifikasi.

Perusahaan telah berfokus pada bisnis mobil otonom dan mendirikan perusahaan mandiri. CNBC melaporkan pada Februari, Baidu sedang mencari dana untuk perusahaan semikonduktor kecerdasan buatan.

Baidu juga mendirikan bisnis kendaraan listrik mandiri dengan pembuat mobil Geely dan mengumpulkan uang untuk perusahaan bioteknologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.