Sukses

Pembangunan Smelter TSL PT Timah Bakal Selesai Desember 2021

Direktur Utama PT Timah Tbk, Riza Pahlevi menuturkan, saat ini proses pembangunan smelter TSL telah mencapai 44 persen

Liputan6.com, Jakarta - PT Timah Tbk (TINS) menyatakan proses pembangunan smelter Top Submerged Lance (TSL) Ausmelt Furnace sudah mencapai 44 persen, dan melebihi target yang direncanakan 40 persen.

Proyek smelter TSL Ausmelt Furnace yang berada di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini ditargetkan akan selesai pada akhir 2021. Kemudian pelaksanaan commissioning pada awal 2022.

"Sesuai dengan progres pembangunan TSL Ausmelt Furnace ini, kita optimis di Desember 2021 ini bisa selesai,” ujar Direktur Utama PT Timah Tbk, Riza Pahlevi, dilansir dari Antara, Rabu (10/3/2021).

Ia menuturkan, saat ini proses pembangunan smelter TSL telah mencapai 44 persen. Perkembangan proyek ini melebih target yang direncanakan yakni 40 persen. Proses pengerjaan proyek smelter TSL melibatkan PT Wijaya Karya (Wika) Tbk dan Outotec Pty Ltd ini dibangun di kawasan Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

"Progres project TSL Ausmlet Furnance sudah 44 persen sampai dengan Februari 2021, ini melebihi dari rencana 40 persen. Melihat kondisi ini kita optimis dan kemungkinan comissioning bisa dilaksanakan pada Januari 2022," kata dia.

Dia mengatakan, sesuai rencana proyek smelter TSL ini ditargetkan selesai pada Januari 2022 mendatang. Kalau berdasarkan kontrak, proyek bersama Wika ini berlangsung selama 24 bulan yang dimulai Januari 2020.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan SDM

Sembari menyiapkan infrastruktur, PT Timah Tbk juga telah mulai menyiapkan sumber daya manusia andal yang akan dilatih selama satu tahun untuk mengoperasikan smelter TSL.

"Saat infrastruktur dibangun kita juga sekaligus menyiapkan sumber daya manusia yang nantinya akan mengoperasikan TSL Ausmlet Furnace, transfer knowledge ini akan dilakukan melalui Ausmelt Development Program," tutur dia.

Ia mengatakan, teknologi TSL Ausmelt merupakan babak baru transformasi teknologi dalam pengolahan timah yang dapat menekan biaya produksi, karena memiliki banyak keunggulan di antaranya efisiensi biaya pokok produksi, proses peleburan lebih baik, dan waktu lebih singkat, sehingga kapasitas lebih tinggi, kemudahan dalam pengoperasian karena digunakan secara otomasi dengan sistem kontrol dan teknologi lebih ramah lingkungan.

"TSL Ausmelt Furnace ini mampu mengolah konsentrat bijih timah dengan kadar (minimum) ≥ 40 persen Sn, dengan kapasitas 40.000 ton crude tin per tahun atau 35.000 ton ingot per tahun," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.