Sukses

Dua Sektor Saham IPO Ini Dinilai Menarik pada 2021

Ada 26 perusahaan yang sedang proses melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengantongi 26 perusahaan untuk melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) pada 2021.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menuturkan, saat ini 26 perusahaan masih menjalani proses evaluasi pencatatan saham.

Sementara itu, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyebut, banyak perusahaan berlomba memperbaiki kinerja serta usahanya untuk bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19 pada 2021.

"Kalau kita bicara perusahaan liquid, perusahaan ini banyak yang struggle. Katakan mereka berjuan untuk bisa survive di tengah kondisi seperti ini. Kalau saya lihat, inikan sifatnya jangka panjang jadi yang kita lihat itu mungkin potensinya pulih di kisaran konsumer dan properti," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (9/3/2021).

Selain itu, William menuturkan, bila saham di sektor perbankan akan memiliki banyak aturan. Meski demikian pihaknya berharap seluruh sektor akan mengalami pemulihan.

"Kalau perbankan akan lebih banyak aturan nanti. Tapi yang jelas, semuanya berharap adanya pemulihan seperti sedia. Kalau saya lihat properti sama konsumer yang lebih menarik apalagi untuk jangka panjang kita ngomongnya," ujarnya.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skala Aset

Adapun dari skala aset untuk perusahaan yang proses IPO bila merujuk pada POJK Nomor 53/POJK.04/2017 antara lain: -6 perusahaan aset skala kecil (aset di bawah Rp 50 miliar)

-11 perusahaan aset skala menengah (aset antara Rp 50 miliar-Rp 250 miliar)

-9 perusahaan aset skala besar (aset di atas Rp 250 miliar)

Untuk rincian sektornya antara lain:

- 4 perusahaan dari sektor basic materials

- 2 perusahaan dari sektor industrials

- 3 perusahaan dari sektor consumer non-cyclicals

- 7 perusahaan dari sektor consumer cylicals

- 3 perusahaan dari sektor properti dan real estate

-4 perusahaan dari sektor teknologi

-1 perusahaan dari sektor infrastruktur

-2 perusahaan dari sektor energi

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering.

    IPO

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • perusahaan