Sukses

PTPP Selesai Garap Proyek Bendungan Sindang Heula

PT PP Tbk menyatakan, Bendungan Sindang Heula di Serang, Banten mampu menyediakan kebutuhan air baku bagi daerah industri.

Liputan6.com, Jakarta - PT PP Tbk (PTPP) Bersama PT Hutama Karya membangun Bendungan Sindang Heula dengan nilai kontrak Rp 427 miliar.

PT PP Tbk menyatakan, Bendungan Sindang Heula di Serang, Banten mampu menyediakan kebutuhan air baku bagi daerah industri mengingat menyediakan kebutuhan hingga 0,80 meter kubik per detik.

"Kehadiran bendungan ini juga bermanfaat bagi pengendalian banjir dan juga berfungsi sebagai pembangkit listrik,” ujar Direktur Utama PT PP Tbk, Novel Arsyad dalam keterangan tertulis, seperti dilansir dari Antara, Minggu (7/3/2021).

Proyek pembangungan bendungan tersebut diresmikan langsung pada Kamis, 4 Maret 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

Novel menuturkan, kehadiran Bendungan Sindang Heula di Banten juga berdampak positif bagi masyarakat di Banten yang berada di Kabupaten Serang seperti memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektar sawah yang terdapat di Serang.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontrak Rp 427 Miliar

Kehadiran bendungan ini juga bermanfaat bagi pengendalian banjir dan juga berfungsi sebagai pembangkit listrik.

Selain itu, dengan dibangunnya Bendungan Sindang Heula dapat memberikan nilai tambah sebagai kawasan wisata air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan lokal terutama masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan.

"Perseroan bangga dapat menyelesaikan pembangunan proyek bendungan tersebut tepat waktu sesuai dengan target yang ditetapkan dan kualitas terbaik," ujar dia.

Perseroan bersama dengan PT Hutama Karya (Persero) yang tergabung dalam konsorsium dipercaya oleh Kementerian PUPR untuk mengerjakan pembangunan Bendungan Sindang Heula yang memiliki nilai kontrak sebesar Rp427 miliar.

3 dari 3 halaman

Masa Pengerjaan

Pembangunan Bendungan Sindang Heula ini dikerjakan dengan masa pelaksanaan selama 38 bulan secara multiyears yang dimulai sejak 2015 dan memiliki masa pemeliharaan selama 12 bulan.

Proyek pembangunan ini memiliki lingkup pekerjaan konstruksi, antara lain pembangunan main dam, saddle dam, jalan akses, jembatan pelayanan, akses operasional dan pemeliharaan, spillway, serta akses mercu spillway.

Menurut Novel, Proyek pembangunan Bendungan Sindang Heula yang berlokasi di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten ini didanai oleh APBN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.