Sukses

Harga Komoditas Warnai Laju IHSG, Pantau Saham Pilihan Ini

Selama IHSG tidak dapat dipertahankan di atas level resistance terdekat, peluang konsolidasi masih terbuka lebar. IHSG diprediksi 6.202-6.378 pada Rabu, 3 Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal berpeluang konsolidasi pada perdagangan saham Rabu, (3/3/2021).

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Suryawijaya menuturkan, perkembangan gerak IHSG masih dalam rentang cukup terbatas. Selama IHSG tidak dapat dipertahankan di atas level resistance terdekat, peluang konsolidasi masih terbuka lebar. IHSG diprediksi 6.202-6.378.

“Fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas juga akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang,” ujar William, Rabu pekan ini.

Untuk pilihan saham, William memilih saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Astra International Tbk (ASII), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

IHSG Berpotensi Koreksi

Sebelumnya mayoritas indeks saham Asia ditutup melemah. Indeks Nikkei (-0.86 persen), TOPIX (-0.40 persen), HangSeng (-1.21 persen) dan CSI300 (-1.28 persen) turun terkoreksi cukup dalam pada selasa bersama ekuitas berjangka AS dan Eropa.

Hal ini karena investor mempertimbangkan dampak dari kenaikan imbal hasil obligasi akhir-akhir ini dan peringatan dari pejabat Tiongkok tentang bubble asset yang kemungkinan terjadi akibat melimpahnya likuiditas dunia.

Sementara itu, IHSG naik 0,33 persen ke posisi 6.359,21 pada Selasa, 2 Maret 2021. Penguatan IHSG didorong sektor industri dasar dan konsumen yang naik signifikan.

Kepala Riset PT Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menuturkan, kedua sektor tersebut menjadi pendorong IHSG tetap dizona positif meskipun terdapat tekanan pada indeks sektor pertambangan (-2.20 persen) dan Infrastruktur (-0.66 persen).

Pelemahan mayoritas ekuitas Asia dan indeks berjangka AS menjadi alasan investor cenderung berhati-hati. Saham-saham produsen semen naik signifikan setelah mendapat outlook positif dari pertumbuhan penjualan guna memenuhi proyek-proyek pemerintah yang sempat tersendat pada 2020.

"Saham-saham rokok pun naik signifikan setelah alami momentum oversold akibat penjualan yang menurun dan kenaikan bea cukai rokok,” ujar Lanjar.

Lanjar menuturkan, secara teknikal IHSG berpotensi koreksi pada perdagangan Rabu, 3 Maret 2021. IHSG akan bergerak di kisaran 6.296-6.391.

Untuk saham pilihan, Lanjar mengatakan untuk mencermati saham PT Ace Hardware Tbk (ACES), PT Buyung Putra Sembada Tbk (HOKI), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Indah Kiat and Pulp Tbk (INKP), PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Chandra Astri Tbk (TPIA).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.