Sukses

Dahlan Iskan Berbagi Tips Jalani Bisnis Saat Pandemi COVID-19

Mantan Menteri BUMN sekaligus Founder Disway Dahlan Iskan menuturkan, bila pengusaha harus memadukan strategi pemasaran berdasarkan customer centric.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri BUMN sekaligus Founder Disway Dahlan Iskan memberi tips bagi pengusaha di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini.

Harus menghadapi krisis, para pengusaha diajak untuk berpikir realistis terhadap kehidupan. Oleh karena itu, pengusaha tak hanya memikirkan visi masa depan untuk menjadi yang terbaik, tetapi juga mempersiapkan hal terburuk bagi bisnisnya.

"Siapa yang dapat berpikir realistis dapat keluar sebagai pemenang. Namun, pandemi juga membuat sebagian orang berani maju dan ada juga yang tertinggal. Yang tertinggal ini pun kedepannya akan menyadari dan memutuskan untuk kembali bangkit dan maju untuk mengejar ketertinggalan,” kata Dahlan Iskan di Marketeers Hangout 2021, Kamis (25/2/2021).

Tak hanya pemikiran realistis, Dahlan juga menegaskan bila pengusaha harus memadukan strategi pemasaran berdasarkan customer centric.

Pengusaha juga harus bisa membayangkan dirinya berada di posisi konsumen sehingga bisa mengerti apa yang konsumen butuhkan dan inginkan.

“Perbarui terus produk dan layanan yang relevan. Jangan puas dengan apa yang sudah dimiliki. Serta, jangan berpikir produk kita yang paling baik, harus terbuka pada perbaikan sesuai dengan kebutuhkan konsumen,” ujar Dahlan Iskan.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Sido Muncul

Menjadi salah satu perusahaan yang dapat bertumbuh saat masa pandemi COVID-19, Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) Irwan Hidayat mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan sebelumnya. Tidak hanya dari segi infrastruktur perusahaan, tetapi orientasi pada kualitas produk juga berpengaruh pada pertumbuhan bisnis.

"Kami selalu memprioritaskan kualitas produk. Produk itu harus baik yang didukung oleh proses bisnis dan infrastruktur yang baik. Ingat, pengusaha tidak boleh berorientasi pada produk dengan harga murah, tetapi kualitas,” tuturnya.

Irwan juga menegaskan, strategi pemasaran juga perlu didukung dengan jiwa kepimpinan yang baik. Seorang pengusaha harus memiliki akal budi dan akal sehat untuk selalu berbuat baik, tidak hanya kepada konsumen tetapi juga masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • Tips