Sukses

Bakal Merger dengan Tri, DPR Soroti Nasib Saham Negara di Indosat

Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung menyebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses merger Tri dan Indosat.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana penggabungan atau merger antara PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) dengan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) sedang dalam proses.

Melihat hal ini, Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung menyebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses merger kedua perusahaan telekomunikasi tersebut, salah satunya dampak dari merger terhadap pengembangan teknologi 5G di Indonesia.

"Pandemi Covid-19 telah menunjukkan potensi ekonomi digital di Indonesia, dan negara harus mendukung pengembangan teknologi 5G. Kalau merger Indosat dengan Tri justru mampu mempercepat transformasi infrastruktur digital, tentu harus didukung," kata dia, Selasa (16/2/2021).

Selain itu, Martin menegaskan, kondisi nyata yang harus dihadapi perusahaan saat ini tak terlepas dari kepentingan masyarakat terkait merger dan konsolidasi industri yang dilakukan.

“Potensi terjadinya dilusi kepemilikan saham negara di Indosat juga perlu mendapat perhatian,” ujarnya.

Oleh karena itu, Martin juga khawatir akan nasib kepemilikan saham pemerintah sebesar 14,6 persen yang terdapat pada Indosat apabila melakukan merger dengan Tri.

"Saya khawatir atas potensi terdilusinya persentase kepemilikan saham pemerintah di Indosat akibat merger dengan Tri. Untuk mencegah hal ini terjadi, pemerintah dapat menambah modal, lebih baik lagi kalau bisa menambah persentase kepemilikan saham. Akan tetapi, langkah ini kurang bijaksana bila dilaksanakan di tengah beban keuangan, vaksinasi, dan pemulihan ekonomi nasional yang berat," ujarnya.

Pihaknya menyebut, kajian agar tak membebani keuangan negara saat ini perlu dilakukan. Meski demikian, hal ini bisa dilakukan apabila proposal merger dari Tri dan Indosat sudah diberikan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Begini Perkembangan Proses Merger Tri-Indosat

Sebelumnya, PT Indosat Tbk (ISAT) angkat bicara terkait kabar backdoor listing dengan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri). Dalam perkembangan terbarunya, manajemen ISAT mengaku masih dalam tahap penjajakan kombinasi bisnis tersebut.

"PT Indosat Tbk (ISAT) akan menjajaki kemungkinan kombinasi bisnis dengan PT Hutchison 3 Indonesia,” ujar Corporate Secretary PT Indosat Tbk, Gilang Hermawan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 5 Februari 2021.

Hingga dikeluarkan pemberitahuan ini, Gilang menjelaskan tidak ada dampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, kelangsungan usaha Perseroan.

"Dapat kami yakinkan bahwa begitu informasi material lebih lanjut sehubungan dengan kemungkinan kombinasi bisnis tersebut ada, maka hal tersebut akan kami sampaikan ke pihak yang berwenang pada waktu yang tepat,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Indosat adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

    Indosat

  • merger

  • Tri