Sukses

Gudang Terbakar di Cikupa, Indofood CBP Pastikan Tak Ganggu Produksi

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mengatakan, pada Senin, 8 Februari 2021 sekitar pukul 14.03 WIB terjadi kebakaran di gudang penyimpanan salah satu pabrik kemasan fleksibel.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menyatakan kebakaran yang terjadi di gudang penyimpanan salah satu pabrik kemasan fleksibel perseroan di Cikupa, Kabupaten Tangerang tidak berdampak signifikan terhadap kinerja operasional perseroan.

Perseroan mengatakan, pada Senin, 8 Februari 2021 sekitar pukul 14.03 WIB telah terjadi kebakaran di gudang penyimpanan salah satu pabrik kemasan fleksibel perseroan yang berlokasi di Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Tim penanggulangan kebakaran pabrik kemasan fleksibel dengan dukungan dari petugas pemadam kebakaran setempat berhasil memadamkan api sekitar pukul 15.00 WIB.

"Tidak terdapat korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun terdapat satu karyawan yang mengalami luka bakar ringan dan sudah dirujuk untuk mendapat perawatan rumah sakit. Nilai kerugian yang timbul diperkirakan tidak material dan sudah dilindungi asuransi," tulis Sekretaris Perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Gideon A.Putro, dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (9/2/2021).

Lokasi gudang tersebut relatif jauh dari area produksi, sehingga tidak menganggu jalannya produksi. Saat ini, pabrik kemasan fleksibel di Cikupa telah beroperasi kembali secara normal.

"Kejadian ini tidak berdampak siginifikan terhadap kinerja operasional Perseroan. Sampai dengan tanggal ini, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak berwenang,” ujar dia.

Gideon menyatakan, pihaknya akan terus meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan kerja, termasuk di antaranya dengan memperbanyak sistem pemadam api yang akan berfungsi secara otomatis pada saat terjadi kebakaran di lokasi gudang penyimpanan, serta mengedepankan langkah-langkah pencegahan sesuai prosedur standar operasional Perseroan.

"Sepanjang sepengatahuan direksi, hingga saat ini tidak terdapat fakta/informasi material/kejadian penting lainnya yang belum diungkapkan kepada publik yang dapat berpengaruh signifikan terhadap perseroan serta dipandang dapat mempengaruhi fluktuasi perdagangan saham perseroan,” kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gudang Milik Indofood Terbakar

Sebelumnya, kebakaran terjadi di gudang milik PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di Jalan Raya Serang kilometer 11 Bitung, Cikupa Kabupaten Tangerang, Senin, 8 Februari 2021.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangerang, Kosrudin mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekitar 14.00 WIB. Diduga karena korsleting listrik.

"Kejadian terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dugaan karena korsleting listrik," kata Kosrudin.

Dia menuturkan, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 15.00 WIB -15.30 WIB. "Dilanjut proses pendinginan sampai tadi sebelum magrib," jelas Kosrudin.

Dalam kebakaran ini, pihaknya mengeluarkan 20 personil dan 4 mobil pemadam.

Lalu, di kawasan pergudangan dan pabrik tersebut, juga ada apar dan penampungan air, sehingga petugas bisa dengan mudah memadamkan kobaran api.

 Kosrudin menuturkan, kebakaran terjadi karena banyak bahan yang mudah terbakar. Bahkan disebut ada tiner atau cat dalam gudang tersebut.

"Area sekitar 30x10 meter, gudang penyimpanan produksi semacam tiner atau cat," kata dia.

Dia memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. "Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.