Sukses

6 Momen Elon Musk Bikin Heboh Pasar, dari GameStop hingga Sandstorm

Lewat cuitan di twitter, Elon Musk jadi perhatian investor. Termasuk mendorong saham GameStop hingga Etsy.

Liputan6.com, New York - Setelah Warren Buffett menjadi perhatian investor dan mempengaruhi pasar saham, kini ada sosok yang juga berpengaruh. Bahkan hingga mendorong investor untuk membeli mata uang digital atau kripto.Salah satu tokoh itu Elon Musk.

Sebuah cuitan Elon Musk kepada 45 juta pengikutnya di twitter mengirim “meme” mata uang kripto Dogecoin telah mendorong harganya melonjak pada Kamis pekan lalu.

Sebelumnya, Bos Tesla dan pendiri SpaceX ini mendukung grup online di Reddit selama GameStop menjadi perhatian. Satu kata dari Elon Musk dapat memicu investor memborong saham GameStop.

Dari mana asal kekuatan penggerak pasar Musk? Ia adalah sosok yang sangat menarik bagi investor amatir yang melihat sebagai sosok jenius dengan perusahaan mobil listrik Tesla dan menentang wall street.

Chief Market Analyst Markets.com Neil Wilson mengkhawatirkan beberapa hal terkait ketertarikan terhadap kepentingan keuangan orang-orang sesuai keingingannya.

Akan tetapi, menurut Wilson, hal itu merupakan hak mereka jika ingin berada di aset yang diinginkan. Baik atau buruk, investor semakin menyadari cuitan Musk. Berikut enam hal tindakan Elon Musk yang menggerakkan pasar seperti dilansir dari Business Insider, Senin (8/2/2021):

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Elon Musk Dorong Harga Dogecoin Melonjak 60 Persen

Pada Kamis pekan lalu, mata uang kripto Dogecoin melonjak 59 persen dalam semenit. Mengapa? Elon Musk kembali ke twitter setelah dua hari absen. Kemudian ia unggah foto berdasarkan foto Lion King yang menunjukkan ia memegang Doge yang bergambar anjing Shiba Inu.

Mata uang Dogecoin naik USD 0.0579 pada Kamis pekan ini, meski sempat sentuh level tertinggi USD 0.0792 pada Januari. Pada Jumat pekan lalu, mata uang Dogecoin turun 11 persen ke posisi USD 0.0457.

3 dari 7 halaman

Bikin Harga Saham GameStop Melonjak

Salah satu intervensi paling terkenal yang terjadi di pasar akhir Januari adalah ketika ia memasuki hiruk pikuk perdagangan saham harian. Hal itu membuat saham GameStop melonjak dan membuat hedge fund babak belur.

Pada 26 Januari setelah pasar tutup, dan karena minat pada saham GameStop meningkat di antara trader dan investor ritel di situs jejaring sosial Reddit, Musk hanya cuit Gamestonk dengan tautan ke forum Reddit WallStreetBets. Pada esok hari, saham GameStop meroket sebanyak 157 persen dan ditutup 135 persen lebih tinggi. Pada seminggu kemudian, saham GameStop turun. Saham GameStop ditransaksikan USD 70,15 pada Jumat pekan lalu.

The Wall Street Journal melaporkan kalau salah satu hedge fund yang bertaruh di GameStop memutuskan untuk keluar setelah cuitan Musk.

4 dari 7 halaman

Elon Musk Bikin Kecoh Investor soal Signal

Salah satu contoh yang lebih aneh dari kekuatan penggerak pasar oleh Musk ketika investor memborong saham perusahaan Signal. Hal ini setelah bos SpaceX tersebut mengunggah signal. Saat itu ia menuliskan memakai Signal. Padahal hal tersebut berbeda.

Saham Signal Advance, perusahaan teknologi medis kecil melonjak lebih dari 11.000 persen hinge mencapai USD 70,85 dari USD 0,60. Investor  tampaknya bingung dengan Signal Advance platform pesan terenkripsi yang dipuji Musk.

5 dari 7 halaman

Elon Musk Bikin Hastag Bitcoin

Bitcoin adalah pasar besar dengan kapitalisasi lebih dari USD 600 miliar. Akan tetapi, harga Bitcoin melonjak lebih dari 15 persen pada akhir Januari dengan hanya menambah #bitcoin ke profil twitternya.

Harga Bitcoin melonjak USD 38.406 pada 29 Januari setelah berada di kisaran USD 31.000 dan USD 33.000. Analis Oanda, Edward Moya menuturkan, bitcoin hilang perhatian karena GameStop. Namun, Musk membawa mata uang kripto kembali menjadi pusat perhatian. Bitcoin naik tiga persen pada Jumat pekan lalu menjadi USD 38.103.

6 dari 7 halaman

Saham Etsy Melonjak

Saham Etsty melonjak 8 persen pada 26 Januari 2021 meski akhirnya ditutup melemah. Lonjakan saham Etsy juga tak lepas dari Elon Musk. Ia menuturkan telah membeli helm wol rajutan tangan untuk anjingnya the Martian. Musk puas dengan pembelian itu mengunggah cuitan “I kinda love Etsy” Harga saham Etsy melonjak pada awal perdagangan.

7 dari 7 halaman

Cuitan Elon Musk Dongkrak Saham Perusahaan Tambang Emas

Ini mungkin momen penggerak pasar Musk yang paling aneh. Ia menuturkan, badai pasar adalah mahakarya. Kemungkinan mengacu pada lagu hit 2000 oleh Darude.

Trader di pasar saham mencari makna tersebut sehingga mendorong saham Sandstorm Gold, penambang emas Kanada hingga 55 persen dalam pra pembukaan perdagangan.  Reli saham itu berlangsung pendek dengan saham turun 1 persen sebelum perdagangan reguler dibuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.