Sukses

12 BUMN Bakal IPO, Apa Saja Keuntungannya?

Pengamat Pasar Modal MNC Asset Manajemen Edwin Sebayang mengatakan, terdapat beberapa keuntungan saat perusahaan termasuk BUMN memilih melepas sahamnya ke publik.

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat 8 hingga 12 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang siap menawarkan saham perdana ke publik atau initial public offering (IPO) hingga 2023. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga transparansi dan good governance BUMN.

Melihat hal tersebut, Pengamat Pasar Modal MNC Asset Manajemen Edwin Sebayang mengatakan, terdapat beberapa keuntungan saat perusahaan termasuk BUMN memilih melepas sahamnya ke publik.

"Pertama itu pasti akan meningkatkan market cap dan likuiditas bagi bursa efek itu sendiri," ujar dia kepada Liputan6.com, Jumat (5/2/2021).

Selanjutnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) juga akan semakin menarik karena terdapat beberapa pemain baru. Hal ini diyakini mampu menarik minat investor asing untuk semakin melirik bursa saham Tanah Air.

"Ketiga, pemerintah mendapatkan dana dari IPO BUMN tersebut. Keempat, perusahaan BUMN yang dilepas tersebut akan meningkat kredibilitasnya, sehingga bisa mencari pendanaan yang lebih murah di market dibandingkan pemerintah harus memberikan suntikan terus kepada perusahaan terkait," ujar Edwin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menarik Investor Lokal

Kelima, Edwin menilai, hadirnya BUMN di pasar modal juga akan menarik investor lokal untuk berinvestasi. Terlebih bila kinerja fundamental yang ditawarkan sangat baik.

"Semakin banyak pilihan juga bagi investor indonesia untuk membeli saham. Tapi semuanya tergantung lagi dari sektor mana BUMN itu berasal. Kalau bisa sektor yang belum ada saat ini. Pasti sangat menarik," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering.

    IPO

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • IPO BUMN