Sukses

Dahlan Iskan Prediksi Ekonomi Mulai Pulih Kuartal III 2021

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan menyatakan ekonomi Indonesia bakal tumbuh dibantu program vaksinasi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menegaskan, pihaknya sangat menghargai kecepatan pemerintah dalam mendorong vaksinasi Covid-19 ke seluruh lapisan masyarakat saat ini.

"Saya terus terang sangat menghargai kecepatan pemerintah untuk mengorder vaksin, sehingga Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat cepat melakukan vaksinasi," kata Dahlan dalam siaran Live Instagram, Rabu malam (3/2/2021).

Melihat pergerakan vaksin yang dilakukan saat ini, Dahlan melihat hal tersebut mampu menjadi pendorong menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

"Kalau memang seperti yang diungkapkan Menteri Kesehatan, nanti April sudah untuk umum, berarti mungkin sekitar Juni atau Juli vaksinasi sudah berjalan. Berarti saya memperkirakan September ekonomi sudah mulai berputar dengan cukup full swing," ujarnya.

Selama empat bulan terakhir pada 2020, pria berumur 69 tahun ini juga menegaskan,  defisit kekurangan pada Januari-Agustus bisa tertutupi dengan baik.

"Tapi tentu kita enggak bisa full speed, kecuali bila pemerintah sudah langsung mengagendakan bagaimana merestrukturisasi perusahan perusahaan yang bermasalah. Misalnya ada perusahaan yang harus reschedule hutang dan sebagainya," tuturnya.

Ia juga mendorong pemerintah untuk memberikan kejelasan terkait restrukturisasi sejak saat ini. Hal ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi agar lebih cepat.

"Jangan nanti kalau vaksin sudah selesai baru dibicarakan, lebih baik dari sekarang dibicarakan, vaksinasi sudah jelas jadwalnya. Karena memang perusahaan engga bisa jalan kalau masalah hutang, bunga dan cicilan itu belum terselesaikan dengan bank," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bank Mandiri Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,43 Persen pada 2021

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi memperkirakan ekonomi tahun ini tumbuh di 4,43 persen. Pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu yang diperkirakan minus 1,77 persen.

“Ekonomi kami perkirakan pulih tahun ini, dengan pertumbuhan 4,43 persen,” ujar Darmawan dalam Mandiri Investment Forum secara virtual, Rabu, 3 Februari 2021.

Dia melanjutkan, perekonomian akan didorong oleh investasi. Laju investasi di dalam negeri diperkirakan tumbuh 4 persen tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. “Pertumbuhan akan didorong oleh laju investasi,” katanya.

Pertumbuhan investasi akan berasal dari berbagai sektor. Mulai dari surat berharga negara (SBN), pasar modal, hingga investasi langsung (direct investment).

Adapun terdapat lima sektor yang menjadi sumber pertumbuhan investasi di Indonesia tahun ini. Yaitu sektor infrastruktur, kesehatan, pendidikan, komunikasi, dan manufaktur.

Reoporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi