Sukses

Ingin Mulai Investasi Saham? Belajar Dulu Lewat Program Edukasi BEI Ini

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi menuturkan, BEI telah menyediakan berbagai program dan sarana dalam melakukan edukasi kepada masyarakat dan investor.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki sejumlah program yang dapat dimanfaatkan oleh utamanya calon investor yang ingin memulai investasi saham. Hal ini dimaksudkan agar investor paham betul apa saja prinsip dasar dalam investasi saham.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi menuturkan, BEI telah menyediakan berbagai program dan sarana dalam melakukan edukasi kepada masyarakat dan investor. Di antaranya ada kegiatan Sekolah Pasar Modal, Webinar, Workshop, dan melalui media sosial BEI.

"Silahkan untuk memanfaatkan program dan sarana edukasi ini, ataupun program edukasi yang dilakukan oleh para Anggota Bursa. Saat ini sebetulnya sudah sangat banyak program edukasi yang baik dalam berinvestasi saham ini, yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat dan para investor kita,” terang Hasan kepada wartawan.

Hasan menekankan, selain berpotensi memberikan keuntungan, investasi saham juga mengandung risiko kerugian. Oleh karena itu, BEI mendorong para investor untuk terus belajar dan meningkatkan pemahamannya saat berinvestasi saham.

Apalagi, baru-baru ini marak investor baru yang tak segan menggunakan ‘uang panas’ untuk investasi. Hal ini tentu tidak dianjurkan, mengingat fluktuasi pasar modal yang acap kali berubah. Sehingga dianjurkan untuk menggunakan ‘uang dingin’ saja saat berinvestasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Investor Pasar Modal Meningkat

Sepanjang 2020 jumlah investor di Pasar Modal Indonesia yang terdiri atas investor saham, obligasi, maupun reksa dana, meningkat sebesar 56 persen mencapai 3,87 juta Single Investor Identification (SID).

Kenaikan investor ini empat kali lipat lebih tinggi sejak 2016 dari 894 ribu investor. Selain itu, investor saham juga naik sebesar 53 persen menjadi sejumlah 1,68 juta SID. 

Kemudian, jika dilihat dari jumlah investor aktif harian, hingga 29 Desember 2020 terdapat 94 ribu investor atau naik 73 persen dibandingkan akhir tahun lalu. 

"Peningkatan jumlah investor serta aktivitas transaksi investor harian tentu merupakan hasil upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Self-Regulatory Organization (SRO) dalam mengedepankan sosialisasi dan edukasi terkait investasi di pasar modal kepada masyarakat,” tulis manajemen BEI seperti dikutip, Rabu, 3 Fenruari 2021.

Seiring dengan meningkatnya partisipasi investor ritel domestik, rekor transaksi perdagangan baru berhasil dicapai pada 2020. Yaitu frekuensi transaksi harian saham tertinggi pada 22 Desember 2020 sebanyak 1.697.537 transaksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Investasi Saham