Sukses

Jeff Bezos Mengundurkan Diri dari CEO Amazon pada Akhir 2021

Jeff Bezos akan menjadi Executive Chairman Amazon. Sedangkan Andy Jassy akan menjadi CEO Amazon.

Liputan6.com, New York - CEO Amazon Jeff Bezos akan mengundurkan diri pada akhir 2021. Puncak pimpinan Amazon akan diserahkan kepada Andy Jassy yang sebelumnya tangani Amazon Web Services.

Bezos akan beralih menjadi Executive Chairman Amazon. Hal itu disampaikan Amazon pada Selasa pekan ini. Amazon menyembunyikan rencana suksesinya meski pun orang berspekulasi kalau Jassy dan Jeff Wilke, CEO Amazon worldwide consumer business, akan menjadi pengganti Jeff Bezos. Namun, pada Agustus, Amazon mengumumkan Wilke akan pensiun pada 2021.

Bezos mendirikan Amazon pada 1994. Sejak saat itu mengubah toko buku online menjadi ritel besar dengan jangkauan global dalam banyak kategori berbeda dari gadget hingga grosir serta streaming. Kapitalisasi pasar saham Amazon melampaui USD 1 triliun di bawah kepemimpinan Bezos pada Januari tahun lalu. Saat ini nilai kapitalisasi pasar saham Amazon lebih dari USD 1,6 triliun.

Jassy bergabung dengan Amazon pada 1997, dan telah memimpin tim cloud Amazon Web Service (AWS) sejak awal. AWS menjadi pendorong sebagian besar keuntungan Amazon.

"Saya dengan senang hati mengumumkan pada kuartal III ini saya akan beralih menjadi Ketua Eksekutif Dewan Amazon dan Andy Jassy akan menjadi CEO,” tulis Bezos dalam sebuah surat kepada karyawan seperti dilansir dari CNBC, Rabu (3/2/2021).

“Dalam peran sebagai Executive Chairman, saya fokuskan energi dan perhatian pada produk baru dan inisiatif awal. Andy terkenal di dalam perusahaan dan telah berada di Amazon hampir selama saya. Dia akan menjadi pemimpin luar biasa, dan dia akan memiliki kepercayaan penuh saya,” tulis Bezos.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja Keuangan Amazon

Kabar pergantian puncak pimpinan itu bersamaan dengan laporan keuangan. Amazon catat pendapatan USD 100 miliar pada kuartal I. AWS di bawah Jassy melaporkan pertumbuhan pendapatan 28 persen untuk kuartal IV. Sekitar 52 persen dari pendapatan operasional Amazon diatribusikan ke AWS per Oktober 2020.

Saham Amazon naik sekitar 1 persen setelah perpanjangan perdagangan. Saham Amazon telah naik sekitar 4 persen pada 2021. Selama setahun, saham Amazon naik hampir 70 persen.

Chief Financial Officer Amazon Brian Olsavsky menuturkan, perubahan eksekutif diputuskan setelah berkonsultasi dengan dewan direksi Amazon.

Dia mengatakan, Bezos akan tetap sangat terlibat dan memiliki jejak di banyak bagian perusahaan yang berbeda. Dia menuturkan, Jassy adalah pemimpin visioner  yang akan membawa keahliaannya sendiri tetapi Amazon mengharapkan banyak kesinambungan dengan transisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.