Sukses

Saham GameStop Meroket 400 Persen dalam Sepekan

Saham GameStop melonjak 68 persen pada perdagangan Jumat, 29 Januari 2021 sehingga mendorong kenaikan ratusan persen dalam sepekan.

Liputan6.com, New York - Saham GameStop, AMC dan saham short lainnya melonjak pada Jumat setelah broker online Robinhood mengatakan akan melanjutkan perdagangan terbatas sekuritas yang sebelumnya dibatasi.

Akan tetapi, pada perdagangan sesi Jumat, saham GameStop (GME) menguat sehingga mengembalikan sebagian besar keuntungan setelah broker online Robinhood memberlakukan batas perdagangan yang berat pada saham.

Saham GameStop melonjak 68 persen pada perdagangan Jumat pekan ini. Selama sepekan, saham GameStop sudah naik 400 persen.

Selama sesi perdagangan yang bergejolak, saham GameStop sudah naik 113 persen dan sentuh level tertinggi USD 413,98 dan level terendah USD 250. Demikian mengutip CNBC, Sabtu (30/1/2021).

Belum jelas, Robinhood menerapkan aturan lebih ketat tetapi dalam sebuah unggahan mengatakan pengguna hanya dapat meningkatkan posisinya di GameStop dengan satu bagian. Sebelumnya pengguna dapat membeli lima saham.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan Robinhood Sempat Membuat Marah Pengguna

Sebelumnya Robinhood mengizinkan pembelian terbatas atas saham GameStop. “Kami akan terus memantau situasi dan dapat melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan,” dikutip dari pernyataan Robinhood.

Keputusan Robinhood tersebut membuat marah banyak pengguna. Hal ini membuat perseroan perlu memenuhi persyaratan modal yang diamanatkan oleh SEC untuk dealer broker.

"Persyaratan ini untuk melindungi investor dan pasar. Kami menggambil tanggung jawab untuk mematuhi dengan serius termasuk langkah-langkah yang diambil hari ini,” tulis pernyataan perusahaan itu.

Pada perdagangan Kamis, saham GameStop turun 44 persen menjadi USD 193,60. Harga tertinggi untuk GameStop di posisi USD 483 pada pekan ini.

 

3 dari 3 halaman

Aksi Investor Ritel Dominan di GameStop

Ketika investor ritel masuk pasar, Robinhood dan pialang ritel lainnya membatasi perdagangan di beberapa saham yang menjadi target short sell. Dalam perdagangan semacam itu, investor meminjam saham perusahaan dengan hargapan harga saham akan turun memperoleh keuntungan ketika penjual harus menutup saham pada saat perdagangan berakhir.

Selain GameStop, perdagangan terbatas mengirim saham AMC Entertainment turun 56 persen pada Kamis, dan menguat 53 persen pada Jumat.

Pialang online juga mengambil langkah serupa dengan Robinhood, termasuk menaikkan syarat margin pada sekuritas tertentu. Bukan hal anek untuk menaikkan persyaratan margin tetapi langkah membatasi perdagangan lebih ekstrem yang membuat marah dan membingungkan beberapa pengguna.

Pengaruh investor ritel paling terlihat di GameStop telah memikat wall street dalam beberapa hari terakhir. Hal ini mendorong diskusi ada trader baru yang tumbuh di tengah pandemi COVID-19.

Investor ritel mempromosikan aktivitas di WallStreetBets Reddit yang memiliki lebih dari tiga juta pengguna. Beberapa orang melihatnya sebagai investor kecil yang menentang pendirian wall street.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.