Sukses

Ingin Bertahan Jalani Bisnis Saat Pandemi COVID-19? Simak Petuah dari Chatib Basri

Mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri menyebut ada beberapa hal yang perlu dipahami pebisnis untuk bisa bertahan saat pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 yang terjadi membuat ekonomi di Indonesia mengalami dampak cukup besar. Akibatnya beberapa bisnis mengalami kerugian dan harus gulung tikar.

Melihat hal ini, Mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri menyebut ada beberapa hal yang perlu dipahami pebisnis untuk bisa bertahan saat pandemi COVID-19.

"Sektor yang akan survive adalah sektor yang berhubungan dengan kesehatan, sektor yang mampu mentransformasi dirinya dengan era digital," ujar saat Webinar Meet The Expert Mandiri Sekuritas, Jumat (29/1/2021).

Meski masa sulit saat ini mirip dengan krisis 1998, Chatib menilai perubahan mencolok dari cara berbisnis ialah era digital yang dimanfaatkan banyak pihak, terlebih pandemi membuat orang harus saling menjaga jarak.

"Pada saat kiris 1998, salau satu cara untuk bisa survive itu adalah jualan makanan, termasuk artis jualan makanan, dimunculkan namanya warung tenda. Sekarang polanya juga sama, jualan makanan juga, hanya saja karena pandemi enggak mungkin buka warung tenda, jadi yg dilakukan adalah melalu Instagram dan Facebook," ujarnya.

Selain transformasi ke digital, pebisnis juga perlu melihat peluang yang ada. Pandemi COVID-19 yang terjadi membuat masyarakat enggan berinteraksi dengan orang lain, hal ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik.

"Ketiga adalah bisnis yang mampu melihat perubahan. Misalnya restoran, setelah ada pandemi mungkin harus menggunakan jarak dan menambah meja ke luar ruangan. Ini banyak dilakukan di Eropa," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Privasi Konsumen

Chatib menegaskan, agar bisa bertahan di masa sulit saat ini, pebisnis perlu menjaga privasi konsumen dan mencari cara membuat masyarakat nyaman menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

 "Sekarang juga kalau weekend yang banyak sekali dipesan itu private room. Mereka berani datang dan makan karena enggak share dengan orang lain. Atau liburan kemarin banyak yang road trip karena menghindari menggunakan angkutan umum," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • Chatib Basri