Sukses

Masuk Daftar Indeks LQ45, Saham MEDC dan TPIA Kompak Menghijau

Saham PT Medco Energi International Tbk (MEDC) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk kompak menguat pada Selasa, 26 Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Saham PT Medco Energi International Tbk (MEDC) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) kompak berada di zona hijau pada perdagangan saham, Selasa siang, (26/1/2021). Dua saham ini kompak menghijau setelah masuk daftar indeks LQ45.

Mengutip data RTI,  saham MEDC menguat 4,1 persen ke posisi Rp 635 per saham.  Saham MEDC sempat berada di level tertinggi Rp 660 dan terendah Rp 625 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 6.602 kali dengan nilai transaksi Rp 65,9 miliar.Investor asing beli saham Rp 13,2 miliar dan jual Rp 7,4 miliar. Investor domestik beli saham Rp 52,7 miliar dan jual Rp 58,5 miliar.

Saham TPIA naik 1,96 persen ke posisi Rp 10.400. Saham TPIA dibuka naik Rp 50 ke posisi 10.250. Saham TPIA sempat di level tertinggi 10.450 dan terendah 10.200 per saham. Total frekuensi perdagangan 1.104 kali dengan nilai transaksi Rp 47,8 miliar.

Bursa Efek Indonesia telah memasukkan saham MEDC dan TPIA di daftar indeks LQ45 untuk periode perdagangan Februari-Juli 2021.  Hal itu setelah melakukan evaluasi mayor untuk menetapkan dan menyesuaikan bobot atas saham-saham yang digunakan untuk penghitungan indeks LQ45.

Demikian disampaikan Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy dan Kepala Divisi Riset Verdi Ikhwan dalam laman BEI, ditulis Selasa, 26 Desember 2021.

Adapun evaluasi mayor dilakukan untuk memilih saham konstituten indeks untuk periode selanjutnya disertai dengan menyesuaikan jumlah saham untuk indeks dan bobot dari konstituen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lihat Fundamental dan Valuasi Saham

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Maximilianus Nico Demus menuturkan, saham MEDC dan TPIA menambah pilihan saham bagi investor. Akan tetapi, ia mengingatkan untuk melihat saham itu dari fundamental dan valuasi yang baik.

"Jadi masuknya saham tersebut ke dalam LQ45 tentu memberikan tambahan daya tarik, namun bukan berarti kita melupakan faktor fundamental,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Sentimen dua saham masuk LQ45 tersebut juga mendorong ke zona hijau. Hal ini mengingat daftar saham LQ45 termasuk dicari pelaku pasar.

"Secara penguatan tentu hari ini saham-saham tersebut mengalami penguatan karena ada sentimen positif dari masuknya mereka dalam LQ45,” kata dia.

Dengan masuk indeks LQ45 juga diakui memiliki tingkat likuiditas tinggi. "Masuknya saham-saham tersebut ke dalam daftar LQ45 merupakan salah satu daftar yang cukup dicari pelaku pasar dan investor dengan masuknya kedua saham itu berarti keduanya sudah diakui memiliki tingkat likuiditas yang tinggi,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.