Anak Usaha Hutama Karya Akuisisi Perusahaan Properti Senilai Rp 2,2 Triliun

Oleh Dian Tami Kosasih pada 12 Jan 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 12 Jan 2021, 19:40 WIB
Ilustrasi Akuisisi, Kesepakatan Bisnis
Perbesar
Ilustrasi Akuisisi, Kesepakatan Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - PT Hutama Karya melalui anak usahanya PT HK Realtindo akuisisi PT Cempaka Surya Kencana (CSK) senilai Rp 2,2 triliun pada 15 Maret 2019.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Selasa (12/1/2021). 

Perseroan memberikan jawaban mengenai permintaan penjelasan laporan keuangan tengah tahun 2020. Selain itu juga untuk memenuhi ketentuan POJK 31/2015 tentang keterbukaan atas informasi dan fakta material oleh emiten dan perusahaan publik. Aksi korporasi itu disampaikan ke BEI pada 10 Desember 2020.

PT HK Realtindo (HKR) akuisisi 55 persen saham CSK dari PT Azbindo senilai Rp 2,2 triliun. Anak usaha perseroan Hutama Karya ini memberikan uang muka sebesar Rp 200 miliar untuk akuisisi CSK. Kemudian memberikan pinjaman ke CSK sebesar Rp 1 triliun.

"Atas pinjaman Rp 1 triliun tersebut diambil alih oleh PT Azbindo dari CSK atau di novasi. Terdapat transaksi akuisisi saham CSK sebesar 55 persen dari PT Azbindo ke HKR senilai Rp 2,2 triliun dengan membayar Rp 200 miliar sebagai uang muka, kemudian Rp 2 triliun di posisi utang ke PT Azbindo atas kekurangannya," seperti dikutip dari keterangan yang disampaikan ke BEI yang diteken Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Jika penjualan persediaan lahan CSK berhasil dilakukan, hasil penjualan itu akan dibagi sebagai dividen dan untuk melunasi utang piutang para pemegang saham.

2 dari 3 halaman

Bakal Jadi Cucu Perusahaan

Adapun jika PT HK Realtindo merealisasikan pembayaran atas akuisisi saham CSK sehingga menjadi cucu perusahaan dan laporan keuangannya akan dikonsolidasikan.

PT Cempaka Surya Kencana didirikan pada 2003 dan berlokasi di Jakarta Selatan. PT Cempaka Surya Kencana merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang property development. Perseroan memiliki aset berupa lahan di lokasi strategis di Jakarta Selatan yang akan dikembangkan menjadi kawasan properti terpadu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓