Sukses

Tips Investasi Saham ala Warren Buffett

Lahir di Omaha, Nebraska, AS, Warren Buffett sudah memikirkan uang sejak usia sangat dini, dan ia sempat investasi saham sejak muda.

Liputan6.com, Jakarta - Warren Buffett, investor Amerika Serikat (AS), dianggap sebagai salah satu investor paling sukses di dunia. Dengan kekayaan bersih mencapai USD 87,4 miliar, Buffett secara historis merumuskan filosofi investasinya seputar konsep investasi nilai. 

Investasi nilai adalah paradigma investasi yang mengacu pada pembelian saham yang diperdagangkan dengan harga kurang dari nilai bukunya. Meskipun investasinya mungkin tampak rumit, Buffett mengikuti ideologi sederhana yang telah menyebabkan kesuksesannya yang terus berkelanjutan. 

"Ide dasar berinvestasi adalah melihat saham sebagai bisnis, menggunakan fluktuasi pasar untuk keuntungan Anda, dan mencari margin keamanan. Seratus tahun dari sekarang, itu masih akan menjadi landasan investasi,” tulis Buffett seperti dikutip dari laman Forbes, Minggu, (10/1/2021)

Lahir di Omaha, Nebraska, Buffett sudah memikirkan uang sejak usia sangat dini. Setelah membaca buku berjudul "Seribu Cara Menghasilkan USD 1000” di usia 7 tahun, hal itu memicu ambisinya untuk memasuki dunia bisnis dan menjadi seorang pengusaha. 

Buffett mengunjungi New York Stock Exchange untuk pertama kalinya pada usia 10 tahun. Setahun kemudian, Buffett melakukan investasi pertamanya. Yaitu tiga saham Cities Service Preferred, senilai USD 114,75 pada 1942. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hobi Membaca

Buffett menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca, dan percaya itu adalah kunci kesuksesannya. Yang terkenal, dia pernah menunjuk ke setumpuk buku dan membagikan sepotong nasihat.

"Baca 500 halaman seperti ini setiap hari. Begitulah cara kerja pengetahuan. Itu menumpuk, seperti bunga majemuk,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Warren Buffet adalah salah satu investor yang juga masuk ke dalam jajaran miliarder dunia.

    Warren Buffett

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham