Sukses

S&P 500 Jatuh 3 Hari Berturut-turut karena Ketidakpastian Stimulus AS

Indeks saham S&P 500 jatuh pada perdagangan Jumat dan mengakhiri pekan dengan kerugian.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks saham S&P 500 jatuh pada perdagangan Jumat dan mengakhiri pekan dengan kerugian. Hal ini karena prospek stimulus fiskal tambahan tetap tidak pasti.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (12/12/2020), indeks S&P 500 turun 0,1 persen menjadi 3.683,46 dan Nasdaq Composite merosot 0,2 persen menjadi 12.377,87. Sementara itu, Dow Jones Industrial Average naik 47,11 poin atau 0,2 persen menjadi 30.046,37 saat saham Disney menguat.

Baik Dow dan S&P 500 membukukan penurunan mingguan pertama mereka dalam tiga pekan terakhir, masing-masing turun 0,6 persen dan 1 persen. Sedangkan Nasdaq turun 0,7 persen pekan ini.

Langkah hari Jumat datang karena negosiasi kesepakatan bantuan virus corona berlarut-larut. Anggota parlemen berusaha untuk mengesahkan RUU sebelum akhir tahun 2020, tetapi ketidaksepakatan mengenai stimulus negara bagian dan lokal, bantuan pengangguran dan pemeriksaan stimulus masih ada.

“Optimisme seputar kesepakatan stimulus fiskal jangka pendek memudar meskipun ada laporan dari kesepakatan bipartisan, karena kedua belah pihak dapat menyetujui ukuran kesepakatan, tetapi bukan rinciannya,” tulis Mark Hackett, Kepala Penelitian investasi di Nationwide.

Demokrat juga telah menolak tawaran bantuan terbaru Gedung Putih senilai USD 916 miliar, dengan catatan itu tidak termasuk uang asuransi pengangguran federal tambahan. Bagaimanapun RUU tersebut direstui oleh para pemimpin kongres GOP.

DPR dan Senat mengesahkan perpanjangan pengeluaran federal selama satu minggu untuk menghindari penutupan hingga 18 Desember untuk membeli lebih banyak waktu untuk mencapai kesepakatan stimulus.

“Ketidakmampuan Washington untuk memberlakukan lebih banyak bantuan fiskal adalah kegagalan total. Kami tahu di mana letak perbedaannya," tulis Gregory Faranello, Kepala Perdagangan Suku Bunga AS di AmeriVet Securities.

“Sekarang ini tentang arus kas dan menabung bisnis dan membantu menjaga individu tetap bertahan sementara kami meluncurkan vaksin," ungkap dia.

Saham perusahaan yang paling terpukul oleh resesi pandemi jatuh pada hari Jumat. Karnaval turun 4,5 persen, United Airlines tergelincir 2,6 persen, dan Gap kehilangan 3,6 persen. Saham Hotel Hyatt diperdagangkan lebih rendah sekitar 1,4 persen.

Sementara itu, saham Tesla, turun 2,7 persen setelah penurunan peringkat yang mengejutkan oleh Jefferies.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengangguran

Tanpa stimulus baru, jutaan orang Amerika bisa kehilangan tunjangan pengangguran di tahun baru. Sementara itu, klaim pengangguran mingguan melonjak pekan lalu menjadi 853 ribu, total tertinggi sejak 19 September, karena pembatasan penguncian baru membebani bisnis di tengah meningkatnya kasus virus korona.

Sentimen suram pada perdagangan Jumat bahkan ketika panel penasihat utama Food and Drug Administration merekomendasikan persetujuan vaksin virus corona Pfizer dan BioNTech untuk penggunaan darurat.

Rekomendasi tersebut menandai langkah terakhir sebelum FDA memberikan persetujuan akhir untuk mendistribusikan secara luas dosis pertama di seluruh AS.

Saham Disney melawan tren negatif. Pada hari Kamis, perusahaan mengatakan layanan Disney+ memiliki 86,8 juta pelanggan dan diperkirakan memiliki antara 230 juta hingga 260 juta pelanggan pada tahun 2024. Sahamnya naik 13,6 persen pada hari Jumat.

3 dari 3 halaman

Infografis Ketimpangan Ekonomi Global

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.