Sukses

Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Nasdaq Cetak Rekor Tertinggi

Dow dan S&P 500 masing-masing menguat 2,2 persen dan 2,3 persen sepanjang pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham di Amerika Serikat (AS) naik pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) karena para investor mengakhiri minggu yang kuat di tengah penurunan ketidakpastian politik dan berita vaksin yang positif.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (28/11/2020), S&P 500 naik 0,3 persen untuk mengakhiri hari di 3.638,35, mencatat rekor penutupan tertinggi. Nasdaq Composite naik 0,9 persen menjadi 12.205,85 dan juga ditutup pada level tertinggi sepanjang masa. Dow Jones Industrial Average ditutup lebih tinggi 37,90 poin atau 0,1 persen pada 29.910,37.

Dow dan S&P 500 masing-masing naik 2,2 persen dan 2,3 persen sepanjang pekan ini. Sementara itu, Nasdaq membukukan kenaikan mingguan hampir 3 persen.

Awal pekan ini, Dow melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, menembus di atas 30.000 untuk pertama kalinya dan mencapai level tertinggi sepanjang masa.

“Apa yang kami saksikan hari ini, minggu ini dan bulan ini, adalah kelanjutan dari peningkatan optimisme,” kata Mike Zigmont, Kepala Perdagangan dan Penelitian di Harvest Volatility Management.

Kondisi untuk aset berisiko telah menjadi lebih baik dan lebih baik karena perusahaan farmasi merilis lebih banyak data vaksin Covid-19 yang positif dan risiko di bagian depan politik mereda.

Sentimen yang juga membantu adalah komentar dari Presiden Donald Trump, yang mengatakan dia akan meninggalkan Gedung Putih jika Electoral College memilih Presiden terpilih Joe Biden.

“Pasti saya akan. Pasti saya akan. Dan Anda tahu itu," kata Trump.

Dia menambahkan, bagaimanapun, akan sulit baginya untuk mengakui karena tahu ada penipuan besar-besaran. Namun, Trump tidak menawarkan bukti konkret tentang kecurangan Pilpresyang meluas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bulan Bersejarah

Penguatan saham pada perdagangan Jumat menambah lonjakan pasar saham bulan ini, yang sebagian dipicu oleh banyak data uji coba vaksin virus corona yang positif.

Sebelumnya pada bulan November, Pfizer dan BioNTech mengatakan vaksin mereka efektif lebih dari 90 persen. Moderna juga mengatakan obatnya sangat efektif dalam uji coba.

Data tersebut membantu mendorong Dow naik 12,9 persen pada November, menempatkannya di jalur untuk kenaikan bulanan terbesar sejak Januari 1987.

S&P 500 dan Nasdaq masing-masing naik 11,3 persen dan 11,9 persen pada November. Sementara itu, perusahaan topi kecil Russell 2000 berada di jalur untuk bulan terbaiknya, naik sekitar 20 persen.

Kenaikan tajam November dipimpin oleh penurunan nilai saham karena berita vaksin positif memicu harapan untuk pemulihan ekonomi yang kuat.

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.