Sukses

BEI Catat Realisasi Buyback Saham Capai Rp 1,5 Triliun

Bursa Efek Indonesia (BEI) melaporkan, realisasi pembelian kembali (buyback) saham yang dilakukan emiten terus bertambah

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) melaporkan, realisasi pembelian kembali (buyback) saham yang dilakukan emiten terus bertambah. Hingga 27 Mei 2020, total realisasi buyback mencapai Rp 1,5 triliun, atau sekitar 8,1 persen dari rencana keseluruhan.

"Sudah meningkat jumlah yang akan melakukan buyback baik perusahaan maupun nilainya," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna dalam pesan tertulis, Kamis (28/5/2020).

Adapun jumlah perusahaan tercatat yang berencana untuk melakukan buyback sebanyak 68 emiten, yang terdiri dari 12 perusahaan BUMN dan 56 swasta. Adapun total nilai buyback seluruh emiten tersebut sebesar Rp 19,45 triliun.

Per 27 Mei 2020, total nilai buyback yang telah dilakukan perusahaan BUMN sebesar Rp 326,45 miliar, atau 3,2 persen dari keseluruhan rencana yang bakal dilakukan.

Sebagai catatan, total rencana buyback oleh emiten pelat merah tersebut mencapai Rp 10,15 triliun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emiten Non BUMN

Sementara untuk emiten non-BUMN, realisasi buyback sebesar Rp 1,24 triliun atau 13,4 persen dari total keseluruhan rencana. Adapun total rencana buyback yang bakal dilakukan emiten swasta ini sekitar Rp 9,29 triliun.

Berdasarkan catatan tersebut, jumlah emiten yang telah melakukan buyback saham sebanyak 47 perusahaan, yang terdiri dari 7 BUMN dan 40 swasta.

Sedangkan untuk emiten sisa yang belum melakukan realisasi buyback saham sebanyak 21 perusahaan, yang terdiri dari 5 BUMN dan 16 swasta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • buyback saham

  • buyback

  • emiten

Video Terkini